KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA

M A Martawijaya(1), Jayanti Jabir(2*), Aisyah Azis(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i1.9408

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir lateral peserta didik dalam memecahkan masalah fisika. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MAN Luwu, sebanyak 8 peserta didik. Untuk melihat kemampuan berpikir lateral peserta didik peneliti menggunakan instrumen tes berbasis masalah fisika. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan tes untuk melihat jawaban peserta didik kemudian melakukan wawancara untuk menggali informasi lebih lanjut guna mengetahui proses berpikir peserta didik. Data yang telah terkumpul kemudian dilakukan analisis dengan mereduksi dan mendisplay data sehingga menghasilkan pola berpikir lateral yang disajikan dalam bentuk bagan. Adapun indikator yang menjadi acuan berpikir lateral adalah apabila ada perubahan konsep atau persepsi peserta didik terhadap masalah yang diberikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta didik sudah mampu berpikir lateral dalam memecahkan masalah fisika. Adapun saran yang diajukan peneliti adalah perlunya untuk memberikan soal-soal fisika bersifat lateral kepada peserta didik untuk merangsang proses berpikirnya.

Full Text:

PDF

References


Akhmat, Hidayatno. 2013. Berpikir Sistem Pola Berpikir Untuk Memahami Masalah yang Lebih Baik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Anonim. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Lateral Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Permutasi. Jambi: FKIP Universitas Jambi.

De Bono, E. 1971. Lateral thinking for management; a handbook of creativity. New York,:American Management Association.

De Bono, E. 1994. De Bono's thinking course. New York: Facts On File.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No.22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Gregory, RJ. 2014. Psychologi Testing History, Principle, and Aplications Seven Edition. New York: Facts On File.

Jabir, jayanti. 2018. Kemampuan Berpikir Lateral Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Fisika di MAN Luwu. makassar: Universitas Negeri Makassar.

N Priatna. 2018. Developing Geogebra-assisted Reciprocal Teaching Strategy to Improve Junior High School Students

Abstraction Ability, Lateral Thinking And Mathematical Presistence. IOP conf. Series: Journal of Physics 1013 (2018) 012142.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 649 times | PDF view : 172 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License