DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS EKSPERIMEN PADA MATERI FISIKA KELAS X SEMESTER GENAP

Eva Septiana Dewi(1*), Muhammad Arsyad(2), Khaeruddin Khaeruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i1.9406

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan tujuan 1). untuk mengevaluasi validitas lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen; 2). untuk mendeskripsikan penilaian guru terhadap lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen; 3). untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen; 4). untuk mensintesis efektifitas penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah responden terdiri dari 6 orang guru fisika yang berasal dari 5 sekolah berbeda yang ada di kabupaten Luwu Timur dan peserta didik SMAN 3 Luwu Timur kelas X bejumlah 25 orang pada tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan: (1) lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen dikatakan valid terlihat dari nilai validitas konten yang diperoleh adalah 1. (2) persentase respon guru terhadap lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen diperoleh 89.9%. (3) persentase persepsi peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik diperoleh 83,7%. (4) efektivitas penggunaan LKPD dikatakan efektif terlihat pada ketuntasan belajar peserta didik telah mencapai kriteria ketuntasan minimum.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, M. A. 2017. Peranan Pembelajaran Fisika Berbasis Experiental terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 218-223.

Gregori, R. J. 2010. Tes Psikologi: Sejarah, Prinsip, dan Aplikasi (6th ed.). Jakarta: Erlangga.

Prastowo, A. 2014. Media pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Yogyakarta: Diva Press.

Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sastrawijaya, T. 1998. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud, Dirjendikti, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Sudirman. 1992. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Y.Yunhie. 2015. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Psikoanalisis Melalui Metode Avertion Therapy & Home Work. Bandung: Alfabetha.

Zahrah. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Pengalaman (Experimental Learning) Pada Peserta Didik Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Barru. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar


Article Metrics

Abstract view : 665 times | PDF view : 167 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License