PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI SMA. NEGERI 1 PANGKAJENE

Muammar Subaer(1*), Salamang Salmia Sari(2), Jasaruddin Jasaruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Fisika Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i1.9404

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian untuk hasil belajar fisika berdasarkan kurikulum 2013 dalam ranah kognitif untuk siswa kelas XI yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian dan Pengembangan dengan tahapan yaitu persiapan spesifikasi tes, penulisan soal tes, validasi teoretis, uji coba empiris, analisis item, peningkatan instrumen dan perakitan instrumen. Subjek pengujian instrumen adalah siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 SMA Negeri 1 Pangkajene. Instrumen tes yang dikembangkan dapat mengukur ranah kognitif, yaitu mengingat, memahami, menerapkan, dan menganalisis. Terdiri dari 19 indikator yang dikembangkan dari 4 kompetensi dasar. Validasi teoretis oleh dua ahli menghasilkan koefisien validasi konten sebesar 0,87 sehingga dinyatakan bahwa instrumen tersebut valid dalam hal konten. Hasil validasi empiris menunjukkan bahwa ada 36 item yang valid dalam materi, Elastisitas dan Hukum Hooke, Rotasi Dynamics, Cairan Statis dan Cairan Dinamis. Kriteria hasil pengujian menunjukkan reliabilitas instrumen adalah 0,662. Kesimpulannya, instrumen tes hasil belajar kognitif dikembangkan secara empiris valid dan reliabel.

Full Text:

Remote PDF

References


Ali, M. S., & Khaeruddin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar: Grasindo

Djaali & Muldjono, Pudji. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindio

Gregory, Robert J. 2015. Psichologycal Testing (History, Principles and Applications) Seventh Edition. United States of America: Pearson

Imam, Barnabib. 2002. Dasar – dasar Kependidikan: Memahami Makna dan Pespektif Beberapa Teori Pendidikan. Jakarta: Galia Indonesia.

Uno, B. Hamzah. 2014. Assesment. Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan peniulaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru


Article Metrics

Abstract view : 481 times | Remote view : 111 times PDF view : 112 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License