UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA SISWA KELAS XI IPA3 SMA NEGERI 1 BUNGORO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF

Srianty Srianty(1*), Abdul Samad(2), Agustinus Jarak Patandean(3),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v7i1.929

Abstract


Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis fisika siswa melalui model pembelajaran generatif pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010. Subjek penelitian terdiri atas 39 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri atas empat kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Baik siklus I maupun siklus II dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Pengumpulan data hasil kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes akhir kemampuan berpikir kritis pada akhir siklus I dan akhir siklus II. Data yang terkumpul, dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis kuantitatif data hasil kemampuan berpikir kritis fisika menunjukkan bahwa jumlah siswa yang berada pada kategori “baik sekali”  pada siklus I adalah 19 orang atau 48,72% dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis 72,82 dan siklus II adalah 32 orang atau 82,05% dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis 88,07. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Bungoro yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika melalui Model pembelajaran generatif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis  siswa.

 

Kata Kunci : aktivitas belajar siswa,kemampuan berpikir kritis, pembelajaran generatif


Full Text:

PDF

References


Achmad, Arief. 2008. Memahami Berpikir Kritis. Diakses Pada Tanggal 3 Maret 2009.

Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Darnawati. 2009. Peranan Pendekatan Penemuan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Fisika Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam. Makassar.

Machfud, Anwar. 1985. Pokok-Pokok Logika Tradisional. Riva Bersaudara. Jakarta.

Naima. 2002. Peranan Penggunaan LKS Modifikasi Dalam Kegiatan Praktikum Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SLTP Negeri 1 Makassar. Skripsi. Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuanAlam UNM. Makassar.

Nandang, S. 1982. Tanya Jawab Logika. Armico. Bandung.

Padiya. 2008. Model Pembelajaran Generatif (MPG). http://anwarholil.blogspot.com/2008/04/pembelajaran-generatif-mpg.html. Diakses pada tanggal 3 Maret 2009.

Sutarman dan Suwasono, P. 2003. Implementasi Pembelajaran Generatif Berbasis Konstruktivisme Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas III pada Bidang Fisika di SLTP 17 Malang. Malang: Lemlit-UM.

Sadiman, dkk. 2002. Media Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Tim Penyusun. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Wena, made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 1975 times | PDF view : 683 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License