PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG MELALUI PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS II SMA NEGERI 1 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA

Kemala Suryansari(1*),

(1) SMA N 1 Sungguminasa Kab. Gowa Sulawesi Selatan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v8i1.804

Abstract


Abstract.

This research is an experimental research that aims to: (1) knowing how high the learning outcomes achieved by Physics students in class II of SMA Negeri 1 Sungguminasa who taught by using direct instruction model with CTL approach; (2) knowing how high the learning outcomes achieved by Physics students in class II of SMA Negeri 1 Sungguminasa who taught by using conventional method; and (3) knowing whether there is significant difference between the learning outcomes achieved by students of class II SMA Negeri 1 Sungguminasa taught using direct instruction model with CTL approach and the learning outcomes achieved by the students who taught by using conventional learning method. The population in this research is all of students in grade II of SMA Negeri 1 Sungguminasa Academic Years 2007/2008. The sample research consist of two classes with number of students is of 74 students. This sampling used random sampling techniques. Instrument used in this research was achievement test. The results of this research showed that: (1) learning outcomes of students who taught by direct instruction method with CTL approach is of 80.5 which is in high category, (2) the learning outcomes of students who taught by conventional instruction models is of 50.4, which is in low category; and (3) direct instruction model with CTL approach could significantly affect the physics learning outcomes.

 

Abstrak

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen  dan bertujuan untuk mengetahui : (1) seberapa besar hasil belajar Fisika yang dicapai oleh siswa kelas II SMA Negeri 1 Sungguminasa  yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning); (2) seberapa besar hasil belajar Fisika yang dicapai oleh siswa kelas II SMA Negeri 1 Sungguminasa  yang diajar dengan menggunakan pengajaran konvensional; dan (3) perbedaan yang berarti antara hasil belajar yang dicapai siswa kelas II SMA Negeri 1 Sungguminasa  yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional ?. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas II  SMA Negeri 1 Sungguminasa tahun ajaran 2007/2008, sedangkan sampel penelitiannya sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 74 siswa. Teknik permilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah tes hasil belajar fisika. Hasil penelitian menunjukkan : (1) hasil belajar fisika siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung melalui pendekatan CTL sebesar  80,5 termasuk dalam kategori tinggi, (2) hasil belajar fisika siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional sebesar 50,4, termasuk dalam kategori rendah, dan (3) model pembelajaran langsung melalui pendekatan CTL dapat mempengaruhi secara berarti hasil belajar fisika.

Kata Kunci: Pembelajaran langsung, Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar fisika.


Article Metrics

Abstract view : 1056 times |

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License