PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 WATAMPONE

Rabiah Rabiah(1*), Jasruddin Daud Malago(2),

(1) SMP Negeri 1 Watampone
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v14i1.6318

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses Sains dan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis kontekstual siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Watampone. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang masing-masing berlangsung 2 kali pertemuan dan 3 kali pertemuan, dengan materi Tekanan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone sebanyak 26 siswa. Indikator yang digunakan, Nilai Keterampilan Proses sains dalam kategori baik dan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari hasil tes setiap akhir siklus, mengalami peningkatan hingga mencapai atau melampaui KKM, yaitu N≥78 dan ketuntasan klaksikal tercapai jika minimal 75% mencapai N≥78. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pembelajaran berbasis kontekstual dapat meningkatkan keterampilan proses sains, pada siklus I capaian optimum 82,05 dan pada siklus II meningkat menjadi 97,44 dalam kategori sangat baik, (2) pembelajaran berbasis kontekstual dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, pada siklus I ketuntasan secara klaksikal diperoleh 26,92%, dan meningkat menjadi 92,31%  pada siklus II.

 

Kata kunci: Keterampilan Proses dan Berpikir Kritis,  Pembelajaran Berbasis Kontekstual.


Full Text:

PDF 29-39

References


Arikunto, Suharsimi., Suhardjono., & Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Akasara.

A.Mertler, Craig. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Indeks.

Facione, P.A. 1990. Critical Thinking: A Statement of Expert Consesus for Purpose of Educational Assessment and Instruction. California: California Academic Press

Peter W. Airasian, Kathleen A. Cruikshank. 2014. Pembelajaran,Pengajaran, Dan Asesmen. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Permendikbud No 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian. Dit. Pembinaan SMP – Ditjen

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Surya, Hendra. 2013. Cara Belajar Orang Genius. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Trianto, 2010a, Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara

Trihastuti, Singgih dan Yoko Rimy. 2008. Pembelajaran Keterampilan Proses Inquiry, dan Discovery Learning. Online (http://umifatmawati.blog.uns.ac.id/2009/07/17). Diakses 30 Mei 2016


Article Metrics

Abstract view : 315 times | PDF 29-39 view : 84 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License