ANALISIS KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 10 MAKASSAR

Nurul Muthmainnah Herman(1*), Nurhayati Nurhayati(2),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v14i1.6314

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan memecahkan masalah Fisika melalui kegiatan praktikum peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 10 Makassar dan secara khusus mengetahui gambaran langkah-langkah pemecahan masalah Fisika peserta didik. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan memecahkan masalah Fisika melalui kegiatan praktikum yang telah valid untuk digunakan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan tingkat kemampuan memecahkan masalah Fisika melalu kegiatan praktikum hanya 15,00% peserta didik yang berada pada kategori “mampu”  memecahkan masalah Fisika melalui kegiatan praktikum dan 85,00% peserta didik masih berada dalam kategori “tidak mampu” memecahkan masalah Fisika melalui kegiatan praktikum. Adapun untuk masing-masing indikator kemampuan memecahkan masalah Fisika, secara umum peserta didik mampu menyelesaikan 3 indikator memecahkan masalah yaitu kemampuan memahami masalah, kemampuan mendeskripsikan masalah, dan kemampuan merancang solusi masalah. Sedangkan untuk indikator lainnya, peserta didik belum mampu menyelesaikannya dengan baik. Hal tersebut dilihat dari kecilnya persentase peserta didik yang masuk dalam kategori “mampu” memecahkan masalah Fisika melalui kegiatan praktikum tersebut.

 

Kata kunci : Kemampuan Memecahkan Masalah, Kegiatan Praktikum


Full Text:

PDF 6-10

References


Anderson L.W. dan Krathwol D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Aryawan, P., Sulastri, M & Seeknayasa, G. 2014. Pengaruh Konseling Kelompok dengan Pelatihan Tutor Sebaya terhadap Kepemimpinan Siswa Peserta Smansa Conseling Club (SSC) di SMA Negeri 1 Singaraja. E-Journal Undiksha Jurusan Bimbingan Konseling, 2, 1-10.

Chi, M. T. H., & Glaser, R. 1985. Problem-solving ability. Dalam R. J. ternberg (Ed.), Human abilities: An information-processing approach. New York: Freeman.

Kustijono R.2011. Implementasi Student Centered Learning Dalam Praktikum Fisika Dasar. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya Vol 1 No. 2.

Taale KD. 2011. Improving Physics Problem Solving Skills of Students of Somanya Senior High Secondary Technical School in the Yilo Krobo District of Eastern Region of Ghana. Journal of Education and Practice ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online) Vol 2, No 6. Department of Physics Education University of Education, Winneba


Article Metrics

Abstract view : 1884 times | PDF 6-10 view : 675 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License