PEMANFAATAN SIMULASI KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA KELAS XI SMA NEGRI 21 MAKASSAR

Sitti Lailatul Qamariah(1*), Ahmad Yani(2),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v13i3.6198

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Pra Eksperimen dengan desain One Shot Case Study yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar fisika setelah diajar menggunakan simulasi komputer pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 21 Makassar tahun ajaran 2015/2016. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemanfaatan simulasi komputer dalam pembelajaran, sedangkan variabel terikatnya hasil belajar fisika pada materi fluida statik dan fluida dinamis. Subjek penelitian adalah kelas XI IPA 1 yang terdiri atas 38 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes hasil belajar fisika materi fluida statik dan fluida dinamis dalam bentuk pilihan ganda. Hasil perhitungan analisis deskriptif dari data skor hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 21 Makassar Tahun 2015/2016 setelah diterapkan pembelajaran simulasi komputer menunjukkan secara umum interval skor rata-rata hasil belajar fisika berada pada kategori tinggi yaitu 14.34.

 

Kata kunci : Simulasi komputer, hasil belajar, fluida statik dan fluida dinamis

Full Text:

PDF

References


Finkelstein, N. D., et al. 2005. When Learning about the real world is better done virtually: A Study of substituting computer simulation for laboratory equipment. Physical review special topics-physics education research.

Riduwan. 2009. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sakti, I., Puspasari, Y.M., & Risdianto, E. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) melalui Media Animasi Berasis Macromedia Flash terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta. Vol. X No. 1/Juni 2012.

Slameto, 2005. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Reneka Cipta.

Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supriyatman & Sukarno. 2014. Improving Science Process Skills (SPS) Science Concepts Mastery (SCM) Prospective Student Teachers Through Inquiry Learning Instruction Model By Using Interactive Computer Simulation. IJSR. Vol. III/Februari 2014.

Wina, S. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kenca


Article Metrics

Abstract view : 343 times | PDF view : 110 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License