ANALISIS MISKONSEPSI FISIKA MATERI SUHU DAN KALOR MENGGUNAKAN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 PINRANG

Miranda Astari(1), Pariabti Palloan(2*), Mutahharah Hasyim(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i3.34895

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana  miskonsepsi fisika materi suhu dan kalor pada peserta didik SMA Negeri 1 Pinrang. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yakni peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Pinrang tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 104 peserta didik sebagai sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Variable dalam penelitian ini adalah miskonsepsi fisika materi suhu dan kalor. Pengumpulan data dilakukan terhadap peserta didik menggunakan  instrumen berupa tes diagnostik berupa Three Tier Diagnostic Test yaitu tes miskonsepsi  materi suhu dan kalor dalam bentuk soal pilihan ganda disertai alasan dan tingkat keyakinan sebanyak 26 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi peserta didik kelas XII MIPA SMAN 1 Pinrang terjadi pada semua butir soal dimana sebesar 46%, yang menguasai konsep sebesar 24%, menebak 9% dan tidak tahu konsep 21%. Kesimpulan yang diperoleh peserta didik kelas XII MIPA SMAN 1 Pinrang mengalami miskonsepsi pada materi suhu dan kalor sebesar 46% berada pada kategori sedang.


Full Text:

PDF

References


Alwi H. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Arikunto, & Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2 ed.). Bumi Aksara.

Arslan, H. O. (2012). A Three-Tier Diagnostic Test to Assess Pre-Service Teachers’ Misconceptions about Global Warming, Greenhouse Effect, Ozone Layer Depletion, and Acid Rain. International Journal of Science Education.

Berek, F. X., Sutopo, S., & Munzil, M. (2016). Concept enhancement of junior high school students in hydrostatic pressure and archimedes law by predict-observe-explain strategy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 230-238.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Erlangga.

Deni, H., Haris Venny, & Eliwatis. (2014). Analisis Miskonsepsi Melalui Tes Multiple Choice Menggunakan Certainty of Response Index pada Mata Pelajaran Fisika MAN 1 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan MIPA, 1.

Elfa Ma’rifah, P., Nandang Mufti. (2016). Identifikasi Kesulitan Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Seminar Nasional Pendidikan 2016, 1.

Erdal, T. (2016). Development and use of a three-tier diagnostic test to assess high school students’ misconceptions about the photoelectric effect. Research in Science & Technological Education, 2, 164–186.

Fitriyah N, S. (2013). Penerapan Media Animasi Untuk Mencegah Miskonsepsi Pada Materi Pokok Asam-Basa Di Kelas Xi Sman 1 Menganti Gresik. Unesa Journal of Chemical Education, 2, 78–84.

Irawati, R. K., & Sofianto, E. W. N. (2019). The misconception analysis of natural science students on heat and temperature material using four tier test. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3), 032104. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032104

Irwansyah, Sukarmin, Harjana. (2018). Analysis Profile of Student Misconceptions on The Concept of Fluid Based Instrument Three-Tier Test. Journal of physics:conf.series 1097. 1-8.

Kusair S. (2017). Diagnosis Miskonsepsi Siswa SMA di Kota Malang pada Konsep Suhu dan Kalor Menggunakan Three Tier Test. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi.

Mahmudah, R. (2013). Identifikasi miskonsepsi peserta didik Pada konsep suhu dan kalor dengan Menggunakan peta konsep dan Wawancara. UIN Sunan Kalijaga.

Malikha, Z., & Amir, M. F. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V-B Min Buduran Sidoarjo Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 75–81. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2329

Maunah, N. (2014). Pengembangan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Test Untuk Menganalisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Suhu Dan Kalor. 03(02), 6.

Nurhayati, N., A. S., S. L. H. ,. &. Wahyudi, W. (2019). Pengembangan Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice Untuk Mengukur Konsepsi Fisika Siswa Sma. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 4, 47–54.

Nursyamsi, Eko Hadi Sujiono, & Ahmad Yani. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Materi Fisika Suhu Dan Kalor Menggunakan Cri (Certainty Of Response Index) Pada Peserta Didik Kelas Xi Mia Sma Negeri 8 Bulukumba Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 2, 44–54.

Nurul, S.W Silung,dkk. (2016). Diagnosis Miskonsepsi Siswa SMA di Kota Malang pada Konsep Suhu dan Kalor Menggunakan Three Tier Test. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi: Volume II No.3.

Paul Suparno. (2013). Miskonsepsi & Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Gramedia Widiasarana.

Prianidya, A. P. (2015). Analisis Miskonsepsi Siswa Smp Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Metode Certainty Of Response Index (CRI). jurnal pendidikan sains, 3.

Pujayanto, P. (2018). Developing Four Tier Misconception Diagnostic Test About Kinematics. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37(2). https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.16491

Robo, F., Palilingan, R. N., & Mondolang, A. H. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Fisika Di Sma Negeri 8 Halmahera Timur Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI). 2(2), 6.

Saheb, W. A., Supriadi, B., & Prihandono, T. (2018). Implementasi pendidikan karakter dan IPTEK untuk generasi milenial Indonesia dalam menuju Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Prosiding Seminar Pendidikan, 6-13.

Simanungkalir, Ruth Y. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Berbantuan LKS Untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa Pada Kelas X SMA Negeri 7 Pontianak: FKIP UNTAN (skripsi).

S Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Sofianto, E. W. N., Irawati, R. K., Akmalia, H. A., & Apriani, R. R. (2020). The analysis of heat—Temperature misconception and integration with Al Quran. Journal of Physics: Conference Series, 1422(1), 012022. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1422/1/012022

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).

Sugono, D. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia. Pusat Bahasa.

Suhermiati, I. (2015). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pokok Sintesis Protein Ditinjau Dari Hasil Belajar Biologi Siswa. 6.

Untari, E. (2013). Diagnosis kesulitan belajar pokok bahasan pecahan pada siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, 13 (1), 1–8.

Wadana, R. W., and Maison. (2019, April). Description students’ conception and knowledge structure on electromagnetic concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1185, No. 1, p. 012050). IOP Publishing.

Wulandari, T. A. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor Di Kelas Xi Sma Jember. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018, 3, 5.

Yunita, M., & Sahala, S. (2016). Miskonsepsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Teluk Batang pada materi kalor dan perpindahannya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran UNTAN, 5(2), 1–10


Article Metrics

Abstract view : 409 times | PDF view : 132 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License