DIAGNOSIS KESULITAN MATERI FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 BARRU

Andi Nurhaniah(1), Kaharuddin Kaharuddin(2*), M Sidin Ali(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i2.34491

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis tingkat kesulitan materi fisika peserta didik dan faktor-faktor penyebab kesulitan materi fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Barru. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Barru tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 102 peserta didik. Data tingkat kesulitan materi fisika peserta didik diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik. Sedangkan data faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan materi fisika, diperoleh dari lembar kuesioner yang diisi oleh peserta didik dan dilanjutkan dengan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan materi fisika peserta didik berada pada kategori sukar. Kesulitan yang dialami peserta didik disebabkan oleh faktor kesehatan, intelegensi, lingkungan masyarakat, kebiasaan belajar, waktu belajar dan sarana pembelajaran daring.

 


Full Text:

PDF

References


Abbas, & Hidayat, M. Y. 2018. Faktor- Faktor Kesulitan Belajar Fisika pada Peserta Didik Kelas IPA Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Fisika, 6, 48-49.

Arafah, K., Arafah, A. N., & Arafah, B. 2020. Self - Concept and Self - Efficacy's Role in Achievement Motivation and Physics Learning Outcomes. Opcion , 36, 1608.

Arafah, K., Qadar, M., & Pristiwaluyo, T. 2020. Evaluasi Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran Fisika SMA di Kabupaten Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) , 6, 131-132.

Arief, M. K., Handayani, L., & Dwijananti, P. 2012. Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika Pada Peserta didik Rsbi: Studi Kasus Di RSMABI Se Kota Semarang. Unnes Physics Education Journal , 1, 9.

Baharuddin, & Wahyuni, E. N. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar- Ruz Media.

Dewi, H. R., & Yusro, A. C. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Ipa Materi Gerak Pada Peserta didik Kelas VII MTs Sunan Ampel. Seminar Nasional Pendidikan Fisika II (ISSN : 2527-6670).

Fauza, N., Ernidawati, & Syaflita, D. 2020. Difficulty Analysis Of Physics Students In Learning Online During Pandemic Covid-19. Jurnal Geliga Sains (JGS): Jurnal Pendidikan Fisika, , 8.

Rachmawati, T., & Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Prses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Sari, K. 2018. Analisis Kesulitan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal-soal pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Serambi Akademica, Volume VI, No. 2 , 77.

Syah, M. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGarfindo Persada.

Thobroni, M. 2015. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruz Media.

Triyono, A. 2011. Skripsi Identifikasi Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas Rendah SD Negeri Karangtengah 1 Kecamatan Sananwetan Kota. Malang: Universitas Negeri Malang.


Article Metrics

Abstract view : 180 times | PDF view : 74 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License