ANALISIS KETERAMPILAN MELAKUKAN PENGUKURAN BERBASIS MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA PESERTA DIDIK

Sarifuddin Sarifuddin(1*), Muhamad Arsyad(2), Khaeruddin Khaeruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i1.32380

Abstract


Analisis Keterampilan Melakukan Pengukuran Berbasis Media Video Tutorial Pada Peserta didik di SMAN 4 Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan melakukan pengukuran berbasis media video tutorial pada peserta didik kelas X MIPA 2 SMAN 4 Pinrang dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian deskriptif. Peneltian ini dilaksanakan di kelas X MIPA 2 SMAN 4 Pinrang tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 27 orang. Pengambilan data menggunakan instrument non tes berupa lembar penilaian keterampilan melakukan pengukuran. Berdasarkan analisis data secara keseluruhan dari hasil penelitian keterampilan melakukan pengukuran berbasil media video tutorial pada kelas X MIPA 2 SMAN 4 Pinrang menunjukkan aspek menentukan nst yakni 86% berada pada kategori sangat baik, aspek hasil pengamatan 81% berada pada kategori sangat baik, aspek analisis data 81% berada pada kategori sangat baik, dan aspek menuliskan kesimpulan 90% berada dalam kategori sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Fairuzabadi A, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Video Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran Ipa Pada Materi Suhu dan Pengukurannya. Jember: Universitas Jember. Vol 6. 103-109.

Istiqoma. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial Terhadap Keterampilan Dasar Dalam Melakukan Praktikum Fisika Pada Materi Pipa Organa Tertutup Siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 1 Mambi. UIN Alauddin Makassar.Jurusan Pendidikan Fisika.

Jeffrey. 2011. Children’s unit concepts in measurement: a teaching experiment spanning grades2 through 5, Jurnal. Amerika Serikat: ZDM Mathematics Education. 638.

Laboraturium Fisika Dasar FMIPA UNM. 2019. Modul Praktikum Fisika Dasar 1, Penerbit UNM: Makassar.

Mardapi, & Djemari.2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Jogjakarta:Mitra Cendikia

Mifta M, 2013. Fungsi dan Peranan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Semarang: BPM Semarang. 97-98.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 628 times | PDF view : 218 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License