ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI JURUSAN FISIKA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO TAHUN AJARAN 2021/2022

Nurfadillah Abdullah(1*), Mohammad Jahja(2), Dewa Gede Eka Setiawan(3),

(1) Universitas Negeri Gorontalo
(2) Universitas Negeri Gorontalo
(3) Universitas Negeri Gorontalo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i1.32358

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas butir soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan mahasiswa pada mata pelajaran fisika di jurusan fisika, fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo. Peserta pada mata pelajaran ini terdiri dari 22 mahasiswa. Soal yang diberikan berupa soal pilihan ganda berjumlah 10 butir. Model rasch digunakan untuk mendapatkan butir soal yang fit. Analisis ini dilakukan dengan bantuan software Winsteps. Dari output program Winsteps diperoleh hasil 10 butir soal sesuai dengan model Rasch dengan nilai rata-rata Outifit MNSQ untuk person dan item masing-masing 1,26 dan 1,26. Sedangkan niali Outfit ZSTD untuk person dan item masing-masing 0,07 dan 0,14. Sedangkan reliabilitas untuk person dan item masing-masing 0,50 dan 0,84.

 

Kata Kunci : fit, model rasch, winsteps, reliabilitas

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasara-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

———. 2009. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Azizah & Sapti Wahyuningsih. 2020. "Penggunaan Model Rasch Untuk Analisis Instrumen Tes Pada Mata Kuliah Matematika Aktuaria".:1-50.

Bambang, Subali. (2012). Prinsip Asesmen & Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Daryanto. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Renika Cipta.

Liesfi, Zaenal Arifin dan. 2010. Evalusi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mansyur, Rasyid, H., & Suratno. (2009). Assesmen pembelajaran di sekolah. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Mansyur, Rasyid, H., & Suratno. (2015). Asesmen pembelajaran disekolah. Panduan bagi guru dan calon guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surapranata, S. (2004). Panduan Penulisan Tes Tertulis. Bandung: Rosda Karya.

Suroso. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal-soal Fisika Thermodinamika Pada Siswa SMS Negeri 1 Magetan. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains (JEMS), 4 (1), 8-18.

Sumintono, Bambang. Aplikasi Pemodelan Rasch pada Asesmen Pendidikan: implementasi Penilaian Formatif.

UUD RI No. 20 Tahun. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

UUD RIUU RI No. 28 Tahun. 2004. “Presiden republik indonesia.” Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan 2003(1): 1–5.

Widoyoko, S. E. P. (2011). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Article Metrics

Abstract view : 193 times | PDF view : 66 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License