ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI JURUSAN FISIKA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO TAHUN AJARAN 2021/2022
(1) Universitas Negeri Gorontalo
(2) Universitas Negeri Gorontalo
(3) Universitas Negeri Gorontalo
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i1.32358
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas butir soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan mahasiswa pada mata pelajaran fisika di jurusan fisika, fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo. Peserta pada mata pelajaran ini terdiri dari 22 mahasiswa. Soal yang diberikan berupa soal pilihan ganda berjumlah 10 butir. Model rasch digunakan untuk mendapatkan butir soal yang fit. Analisis ini dilakukan dengan bantuan software Winsteps. Dari output program Winsteps diperoleh hasil 10 butir soal sesuai dengan model Rasch dengan nilai rata-rata Outifit MNSQ untuk person dan item masing-masing 1,26 dan 1,26. Sedangkan niali Outfit ZSTD untuk person dan item masing-masing 0,07 dan 0,14. Sedangkan reliabilitas untuk person dan item masing-masing 0,50 dan 0,84.
Kata Kunci : fit, model rasch, winsteps, reliabilitas
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasara-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
———. 2009. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Azizah & Sapti Wahyuningsih. 2020. "Penggunaan Model Rasch Untuk Analisis Instrumen Tes Pada Mata Kuliah Matematika Aktuaria".:1-50.
Bambang, Subali. (2012). Prinsip Asesmen & Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.
Daryanto. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Renika Cipta.
Liesfi, Zaenal Arifin dan. 2010. Evalusi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mansyur, Rasyid, H., & Suratno. (2009). Assesmen pembelajaran di sekolah. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Mansyur, Rasyid, H., & Suratno. (2015). Asesmen pembelajaran disekolah. Panduan bagi guru dan calon guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Surapranata, S. (2004). Panduan Penulisan Tes Tertulis. Bandung: Rosda Karya.
Suroso. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal-soal Fisika Thermodinamika Pada Siswa SMS Negeri 1 Magetan. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains (JEMS), 4 (1), 8-18.
Sumintono, Bambang. Aplikasi Pemodelan Rasch pada Asesmen Pendidikan: implementasi Penilaian Formatif.
UUD RI No. 20 Tahun. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
UUD RIUU RI No. 28 Tahun. 2004. “Presiden republik indonesia.” Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan 2003(1): 1–5.
Widoyoko, S. E. P. (2011). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Article Metrics
Abstract view : 193 times | PDF view : 66 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Organized by :
Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License