KAJIAN PUSTAKA TENTANG EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN VIDEO BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Dedy Kurniawan(1*), Subaer Subaer(2), Nurhayati Nurhayati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i1.32354

Abstract


Abstrak - Kajian Pustaka tentang Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Video Berbasis Kontekstual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan video berbasis kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Jurusan Fisika Universitas Negeri Makassar pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2020. Sumber primer yang digunakan adalah artikel yang relevan dengan judul penelitian ini dan sumber sekunder berupa buku literatur yang berhubungan dengan penelitian. Instrumen penelitian berupa daftar check-list klasifikasi bahan penelitian. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi dan di analisis dengan metode analisis isi (Content Analysis). Berdasarkan review ada 6 artikel menggunakan penelitian eksperimen, 1 penelitian tindakan kelas dan 2 penelitian pengembangan yang menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan video berbasis kontekstual lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dibanding tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan video berbasis kontekstual (baik itu menggunakan direct instruction, pembelajaran konvensional, tanpa media video yang dikembangkan maupun dengan cara pengumpulan data yang berbeda).   Kata kunci: hasil belajar, inkuiri terbimbing, video berbasis kontekstual

Full Text:

PDF

References


Fairuzabadi, A., Prihandono, T., & Putra, P. D. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Video Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran IPA pada Materi Suhu dan Pengukurannya di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 100–106.

Mirzaqon, A. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8(1), 1–8.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Prestasi Pustaka.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Prenada Media.


Article Metrics

Abstract view : 108 times | PDF view : 35 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Published by :

Department of Physics, Universitas Negeri Makassar, Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate,  South Sulawesi, Indonesia.

Postal Code: 90224 Telp/Fax (0411)840622

Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id