PENGARUH LKPD BERBASIS PERTANYAAN PRODUKTIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 13 MAKASSAR

Dian Ariani(1*), Salmiah Sari(2), Sidin Ali(3),

(1) 
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i1.32201

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian ekperimen dengan desain quasi eksperimen model post-test Only Control Group Design yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan skor keterampilan proses sains peserta didik yang diajar menggunakan LKPD berbasis pertanyaan produktif, (2) mendeskripsikan skor keterampilan proses sains peserta didik yang diajar menggunakan LKPD konvensional, (3) menganalisis perbedaan keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan menggunakan LKPD berbasis pertanyaan produktif dan yang diajar dengan menggunakan LKPD konvensional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Makassar yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik random sampling untuk dilibatkan dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPA 3 dan kelas yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah kelas XI IPA 2. Skor keterampilan proses sains peserta didik kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 14.10, standar deviasi sebesar 2.33, dan varians sebesar 5.42. Pada kelas kontrol keterampilan proses sains yang diperoleh peserta didik memiliki rata-rata sebesar 8.52, standar deviasi sebesar 2.05, dan varians sebesar 4.19. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan keterampilan proses sains antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf nyata α = 0,05 (H1 diterima).

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Rivalia dkk. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol.4 No.4 hal 350

Harlen, W. 1996. Handling childrens Question. London: David Fulton Publishers

Jufri, A. Wahab. 2017. Belajar dan Pembelajaran Sains Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Reka Cipta

Khaeruddin dan Sujiono, Eko Hadi. 2005. Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: Penerbit UNM

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Varadela, Ischan Afsita dkk. 2017. Pengaruh Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Lembar Kerja Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains. Chemistri in Education. Vol.6 No.1

Widayanto. 2009. Pengembangan Keterampilan Proses dan Pemahaman Siswa Kelas X Melalui Kit Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol.5 No.1 hal 1-9

Widodo, Ari. 2009. Peningkatan Kemampuan Mahasiswa PGSD dalam Mengajukan Pertanyaan Produktif untuk Mendukung Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri. Jurnal Pendidikan. Vol.10 No.1 hal 21-29


Article Metrics

Abstract view : 223 times | PDF view : 66 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License