ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 GOWA

William Immanuel Martin(1*), Abdul Haris(2), Mutahharah Hasyim(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i1.31559

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk diketahui hasil belajar dan persepsi belajar aplikasi media sebagai pemberani di era pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Gowa. Populasi untuk penelitian ini adalah semua siswa XI IPA SMA Negeri 1 Gowa, 251 siswa, maka sampel sebanyak 113 siswa. Data hasil penelitian ditampilkan dengan memberikan instrumen tes hasil belajar secara statis benda cair dan instrumen non uji. Analisis data Teknik yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil belajar hasil tes siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gowa dikategorikan sedang dalam materi cairan statis dan Hasil angket menunjukkan bahwa persepsi fisika media pembelajaran yang diterapkan guru dalam kategori netral.

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). (2017).

Hayati, Sri. Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. (2017).

Moeljadi, David, Sugianto, Randy, Hendrick, Jaya Satrio, Hartono, Kenny. KBBI V. (2016).

Nastiti, A., Isnanto, R. R., Martono, K. Aplikasi Multimedia sebagai Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Perjuangan Kemerdekaan untuk Sekolah Dasar Berbasis Android. Vol. 3, 512-522, (2015).

Pribadi, B. A. Media & Teknologi dalam Pembelajaran. (2017).

Qurrotaini, L., Sari, T. W., Sari, T. W., Nurmalia, L. Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. 130-140, (2020).

Rahmanto, M. A., Bunyamin. Efektivitas Media Pembelajaran Daring melalui Google Classroom. Vol. 11, 119-135, (2020).

Ramadhani, M. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. (2012).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. (2018).

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. (2007).


Article Metrics

Abstract view : 191 times | PDF view : 63 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License