HUBUNGAN PERSEPSI PEMBELAJARAN DARING DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SMAN 11 MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i3.31241
Abstract
Penelitian ini adalah penelirian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi pembelajarn daring dengan hasil belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MiaSman 11 Makassar. Populasi penelitian ini adalah Peserta didik kelas XI MiaSman 11 Makassar sebanyak 250 peserta didik. Jumlah sampel penelitian sebanyak 84 orang yang ditentukan dengan teknik simple random sampling menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner untuk data variabel persepsi pembelajaran daring dan tes kognitif untuk variabel hasil belajar Fisika. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif untuk memperoleh gambaran setiap variabel dan analisis korelasi untuk mengetahui hubungan persepsi pembelajaran daring dengan hasil belajar Fisika peserta didik. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa persepsi pembelajaran daring peserta didik kelas XI Mia Sman 11 Makassar berada dalam kategori rendah, hasil belajar Fisika peserta didik berada dalam kategori kurang baik, dan hasil analisis uji korelasi pearson menunjukkan nilai pearson Correlation sebesar 0,060<0,05 berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi pembelajaran daring dengan hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI MiaSman 11 Makassar.Sehingga Persepsi pembelajaran daring tidak memiliki hubungan dengan hasil belajar Fisika. Apabila persepsi pembelajaran daring negatif maka tidak mutlak hasil beljara Fisika rendah dan sebaliknya.
Kata kunci: Persepsi, pembelajaran daring, hasil belajar Fisika
Full Text:
PDFReferences
Fitriani, (2016). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Proses Pmeblajaran Ddengan Hasil Belajar Geografi di Homeschooling sekolah Dolan Kota Malang. Jurnal Pendidikan, no.1 Hal 6.
Hajar Sitti. (2021), Hubungan persepsi dan minat dengan hasil belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII.1 Dalam Pembelajaran Daring di MTS.STI Tanjung Barulak (Skripsi). Program studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Institu Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Hernawati, E. (2018) ‘Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual pada Peserta didik Kelas X MAN 4 Jakarta’, Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 6(2), pp. 118–131.
Ningsih, S. (2020) „Persepsi Mahapeserta didik Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19‟, Jinotep (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), Pp. 124–132.
Mar’at. (1991). Sikap manusia perubahan serta pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Puspitaningsih. (2020). Persepsi Metpde Pmebelajaran Daring dengan Motivasi Mahasiswa Stikes Majapahit. Jurnal :Medical Majapahit no.1 vol 1. Hal 8
Syafi’I A.,Dkk. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspel dan factor yang mempengaruhi. Jurnla Komunikasi Pendidikan. No. 2 vo. 2 . hal 123
Suhery, Dkk. 2020. Sosialisasi Penggunaann Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Classroom Pada Guru Di Sdn 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan. 1 (3). Hal 58.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi. In Metode Penelitian Kombinasi . Bandung. Alfabeta.
Zuhemi Muhammad. 2020. Hubungan Persepsi peserta didikMengenai Keterampilan mengajar Guru dengan Hasil Belajar Fisika Peserta didik Kelas Xi Pada Sekolah Mengengah Atas Negeri 1 Darul Imarah (Skripsi). Program studi pendidikan Fisika fakultas tarbiyah keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.
Article Metrics
Abstract view : 13 times | PDF view : 8 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Published by :
Department of Physics, Universitas Negeri Makassar, Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Telp/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id