ANALISIS HUBUNGAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN MENGINTERPRETASI GRAFIK KINEMATIKA

Usman Usman(1*), Vicran Zharvan(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i1.31208

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan logis matematis dan kemapuan menginterpretasi grafik kinematika serta hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan kemampuan interpretasi grafik kinematika mahasiswa baru Jurusan Fisika FMIPA UNM angkatan 2021. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2021.  Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa baru Jurusan Fisika FMIPA UNM angkatan 2021. Sampel yang digunakan berjumlah 110 orang yang ditentukan dengan pertimbangan tertentu. Pengukuran terhadap kecerdasan logis matematis dan kemampuan menginterpretasi grafik kinematika menggunakan instrumen tes kecerdasan logis matematika dalam bentuk ganda sebanyak 20 soal dan Test of Understanding Graph – Kinematics versi 4.0 sebanyak 26 soal. Data penelitian diolah dengan stastik deskriptif, regresi linier sederhana dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata kecerdasan logis matematis mahasiswa baru Jurusan Fisika FMIPA UNM Angkatan 2021 berada pada kategori tinggi dan rata-rata skor kemampuan menginterpretasi grafik kinematika berada pada kategori rendah. Hasil analisis korelasi product moment pada taraf  nyata α = 0,05  menunjukkan terdapat hubungan positif yang kuat dan signifikan antara kecerdasan logis matematis dengan kemampuan menginterpretasi grafik kinematika.


Full Text:

PDF

References


Amin, B. D., Sahib, E. P., Harianto, Y. I., Patandean, A. J., Herman, & Sujiono, E. H. (2020). The Interpreting Ability on Science Kinematics Graphs of Senior High School Students in South Sulawesi, Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 179–186. https://doi.org/10.15294/JPII.V9I2.23349

Anisa, V. N. (2017). Hubungan Kemampuan Siswa Menginterpretasikan Grafik dan Kemampuan Menyelesaikan Soal Gerak Lurus di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6).

Armstrong, T. (2013). Kecerdasan Multipel di dalam Kelas. Jakarta: Indeks.

Asis, M., Arsyad, N., & Alimuddin. (2015). Profil Kemampuan Spasial dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau dari Perbedaan Gender (Studi Kasus di Kelas XI SMAN 17 Makassar). Daya Matematis, 3(1), 78–87. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1320

Beichner, R. J. (1994). Testing student interpretation of kinematics graphs The difficulty of interpreting simple motion graphs. Citation: American Journal of Physics, 62, 386. https://doi.org/10.1119/1.17449

Fauziah, K. R., Nurhayati, N., & Arsyad, M. (2015). Analisis Hubungan Antara Kecerdasan Logis-Matematis dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Jeneponto. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 11(3), 239–244. https://doi.org/10.35580/JSPF.V11I3.1740

Gardner. (1999). Intellegence Reframed: Multiple Intellegence for the 21st Century. Basic Books.

Gumilar, S. (2015). Analisis Kemampuan Pemahaman Grafik Kinematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 1(1). https://doi.org/10.30870/GRAVITY.V1I1.2485

Humairah, N. A., Alibas, F., & Harianti, H. (2017). Identifikasi Kemampuan Menginter-pretasikan Grafik Hukum Newton Kelas X SMAN 1 Tinambung. Saintifik, 3(2), 190–195. https://doi.org/10.31605/SAINTIFIK.V3I2.170

Masykur, M. (2007). Mathematical Intelligence. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Mustain, I.-S. E. J. P. (2015). Kemampuan Membaca dan Interpretasi Grafik dan Data: Studi Kasus pada Siswa Kelas 8 SMPN. Scholar.Archive.Org.

Nugraha, A., Darsikin, & Saehana, S. (2017). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Grafik Kinematika. Ejournal.Unsri.Ac.Id.

Setyowati, M. ., & Hinduan, A. . (2012). Penerapan Kecerdasan Majemuk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik di SMAN 2 Magelang, Jawa Tengah. Berkala Fisika Indonesia, 1(2), 27–31.

Subali. (2015). Analisis Kemampuan Interpretasi Grafik Kinematika pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 255 times | PDF view : 102 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License