ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Nur Hijrah Muthmainnah(1*), Eko Hadi Sujiono(2), Abdul Haris(3), Nurhayati Nurhayati(4), Mutahharah Hasyim(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v19i1.30943

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental design. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental design. Penelitian ini menggunakan desain One-Shot Case Study dimana tidak ada kelompok kontrol dan peserta didik diberikan perlakuan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik dengan penggunaan media pembelajaran berupa aplikasi Google Classroom selama pembelajaran daring. Aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran interaktif berbasis e-learning yang memudahkan guru dan peserta didik melakukan proses belajar mengajar dari rumah khususnya pembelajaran fisika pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke dapat dilihat dari tes hasil belajar fisika peserta didik. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 13 Takalar dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 yang terdiri dari 32 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian untuk tes hasil belajar diperoleh nilai rata-rata 68 dengan persentase tingkat ketuntasan 66%.

Full Text:

PDF

References


Agung Mahardini, M.M., 2020. Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Fisika. JPF 8, 215. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3102

Almaiah, M.A., Al-Khasawneh, A., & Althunibat, A. 2020. Exploring the critical challenges and factors influencing the E-learning system usage during COVID-19 pandemic. Educ Inf Technol 25, 5261–5280. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10219-y

Al-Maroof, R.A.S, & Al-Emran, M. 2018. Students Acceptance of Google Classroom: An Exploratory Study using PLS-SEM Approach. Int. J. Emerg. Technol. Learn. 13, 112.

Diemas, Bagas Panca dan Rina Harimurti. 2017. Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Ernawati. 2018. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MAN 1 Kota Tangerang Selatan. Jakarta: Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UIN.

Nurcahyo, Arif Riska. 2018. Teori Belajar Sibernetik. Universitas Negeri Surabaya. 11.

Rahmanto, Muhammad Arifin dan Bunyamin. 2020. Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom. Jakarta: Jurnal Pendidikan Islam

Riduwan, A. 2011. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Syarifuddin, Albitar Septian. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Bangkalan: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 150 times | PDF view : 96 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License