ANALISIS HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 6 BARRU SELAMA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Rizky Amalia Hamka(1*), Nurhayati Nurhayati(2), Ahmad Yani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i1.30914

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 6 Barru tahun ajaran 2020/2021 selama dilaksanakannya pembelajaran daring di era pandemi Covid-19. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 6 Barru tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 55 peserta didik.  Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes tertulis berupa pilihan ganda diakhir pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa hasil belajar fisika peserta didik  kelas XI MIPA di SMAN 6 Barru tahun ajaran 2020/2021 secara rata-rata adalah 70,36 atau berada pada kategori tinggi.


Full Text:

PDF

References


Dewa, E., Mukin, M. U., & Pandango, O. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 351-359.

Fauziah, A., Sufianti, V., Safitri, A., & A.P, A. S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Hasil Belajar Fisika di Masa COVID-19 pada Siswa Kelas X IPA SMA Bina. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 404-407.

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L., Manuhutu, M. A., . . . Leuwol, N. V. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Hamid, R., Sentryo, I., & Hasan, S. (2020). Online learning and its problems in the Covid-19 emergency period. Jurnal Prima Edukasia, 86-95.

Horton, W. (2001). Leading E-Learning. USA: American Society for Training and Development .

Mulyono, W. D. (2020). Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Science, Technology, Education And Mechanical Engineering, 23-30.

Mutiah, N., Arafah, K., & Azis, A. (2020). Pengaruh Teas Objektif Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sidenreng Rappang. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 200-217.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor, 861-872.

Riduwan. (2018). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulisworo, D., & Agustin, S. P. (2017). Dampak Pembelajaran E-learning Terhadap Motivasi Peserta Didik. Berkala Fisika Indonesia, 3.


Article Metrics

Abstract view : 82 times | PDF view : 58 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Published by :

Department of Physics, Universitas Negeri Makassar, Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate,  South Sulawesi, Indonesia.

Postal Code: 90224 Telp/Fax (0411)840622

Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id