HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 19 MAKASSAR

Rika Mansur(1), Salamang Salmiah Sari(2*), Bunga Dara Amin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i3.30840

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto yang bersifat korelasi bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan motivasi belajar dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMAN 19 Makassar yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah 130 perserta didik. Sampel penelitian yang digunakan sebagai subjek penelitian diperoleh dengan Teknik simple random sampling dan terpilih dua kelas sampel penelitian yaitu kelas XI MIA 3 dan XI MIA 4 dengan ukuran keseluruhan sampel 60 peserta didik. Instrumen penelitian ini menggunakan dua kuesioner non tes yang terdiri 40 butir untuk variabel kepercayaan diri dan 30 butir untuk variabel motivasi belajar serta tes hasil belajar yang terdiri dari 20 soal. Hubungan kepercayaan diri dan motivasi belajar dengan hasil belajar diperoleh nilai koefisien korelasi 0,83 dengan nilai Fhitung sebesar 13,23 dan Ftabel 1,671 karena nilai Fhitung > Ftabel hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan koefisien determinan 68,8%.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kushartanti, Anugrahening. 2009. Perilaku Menyontek Ditinjau dari Kepercayaan Diri. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi. Vol. 11(2).

Kusrini, Prihartanti. 2014. Hubungan Dukungan Sosial dan Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Boyolali.

Nuraeni, Diah.2010. Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Peserta didik kelas VII & VIII di SLTPN 1 Lumbang Pasuruan. Jurnal Psikologi. Malang.

Pratiwi, Laksmiawati. 2016. Kepercayaan Diri dan Kemandirian belajar pada Peserta didik SMA Negeri X. Jurnal Psikologi Teori & Terapan. Vol. 7(1).

Sambada, D. 2012. Peranan Kreativitas Peserta didik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dalam pembelajaran Kontekstual. Jurnal Peneitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA). Vol.2(2).

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudjana, N. (2005). Metode Statistika Edisi Ke-6. Bandung: Tarsito.


Article Metrics

Abstract view : 80 times | PDF view : 36 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Published by :

Department of Physics, Universitas Negeri Makassar, Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate,  South Sulawesi, Indonesia.

Postal Code: 90224 Telp/Fax (0411)840622

Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id


              </p