PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI SALURAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SECARA DARING DI SMAN 14 MAKASSAR

Linda Herman Herman(1*), Abdul Haris(2), Ahmad Yani(3), Subaer Subaer(4), Usman Usman(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v18i1.30826

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperiment yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar fisika melalui saluran google classroom di kelas XI MIPA 1 SMAN 14 Makassar. Variabel penelitian adalah penggunaan saluran google classroom sebagai saluran media pembelajaran fisika secara daring dengan indikator hasil belajar fisika melalui saluran google classroom. subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 1 di SMAN 14 Makassar yang berjumlah 35 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes hasil belajar fisika peserta didik yang diberikan melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa skor keseluruhan rata-rata persetase hasil belajar fisika melalui saluran google classroom berada pada kategori Sangat Tinggi dengan persentase 62,85%, sementara pada skor persentase hasil belajar fisika untuk indikator menerapkan (C3) memperoleh persentase tertinggi sebesar 57,14% dengan kategori Sangat Tinggi. Adapun untuk indikator menganalisis (C4) memperoleh persentase tertinggi sebesar 54,29% dengan kategori Sangat Tinggi.

 

Kata kunci: canva, google classroom, hasil belajar fisika, media pembelajaran fisika.


Full Text:

PDF

References


Ashadi, N. R., & Suhaeb, S. (2020). Hubungan Pemanfaatan Google Classroom dan Kemandirian terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PTIK pada Masa Pandemi. Jurnal Media Elektrik, 17(2), 46-51.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414.

Dina, S. N. (2020). 25 -0 6-2020. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 3(1), 14–20.

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020 PEMANFAATAN, 8(2), 79–96.

I Gusti Agung Ayu Wulandari, & Gusti Ngurah Sastra Agustika. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526.

Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For Information Communication And Technology. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora, 7(2, Oktober), 80-89.

Kayatun, Sri. 2014. “Penggunaan Metode Kerja Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 3, Nomer 4, April 2014.

Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173.

Muhammad Arifin, Ayu Puspita Sari, A. M. T. (2013). Implikasi Teori Belajar Sibernetik Dalam Proses Pembelajaran Dan Penerapan IT Di Era Modern. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan, 241–253.

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/211

Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 1(1), 46.

Puspitasari, N. (2021). Implementasi Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa PGSD UNDARIS. 1(1), 9–15.

Ratnawati, E. (2016). Karakteristik Teori-Teori Belajar Dalam Proses Pendidikan (Perkembangan Psikologis Dan Aplikasi). Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2), 1–23.

Ratnawati, F. A. (2020). Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Selama Pandemi dengan Aplikasi Google Classroom pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 49-55.

Sunariyo, S., & Suwandana, E. (2021). Implementasi Google Classroom Pada Pembelajaran Fisika Dan Permasalahannya Di Sman 1 Merawang. Jurnal Pendidikan Rokania, 6(1), 101-110.

Turmuzi, M., & Hikmah, N. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring Google Classroom Pada Masa COVID-19 dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).

Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3).


Article Metrics

Abstract view : 216 times | PDF view : 71 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License