ANALISIS KEMAMPUAN BERARGUMENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 8 MAKASSAR

Iin Mulyani Ishaq(1*), Khaeruddin Khaeruddin(2), Usman Usman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i3.29781

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berargumentasi dalam pembelajaran fisika  peserta didik SMA Negeri 8 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA  SMA Negeri 8  Makassar semester genap tahun ajaran 2020/2021. Subyek penelitian sebanyak 36 orang yang berasal dari kelas XI MIPA 4, XI MIPA 5 dan XI MIPA 6. Data kemampuan berargumentasi peserta didik diperoleh dari hasil tes kemampuan berargumentasi yang mengukur beberapa aspek yakni, klaim, data, pembenaran dan dukungan. Hasil dari penelitian ini  menunjukkan kemampuan berargumentasi peserta didik untuk setiap aspek berada pada kategori cukup untuk aspek klaim, kategori kurang untuk  aspek data dan  aspek pembenaran, serta kategori sangat kurang untuk aspek dukungan, dengan secara keseluruhan kemampuan berargumentasi peserta didik SMA Negeri 8 Makassar berada pada kategori kurang. Hal ini disebabkan karena tidak maksimalnya jawaban yang diberikan oleh peserta didik yang disebabkan beberapa faktor diantaranya kurangnya pemahaman konsep fisika, bentuk soal yang tidak familiar dan terdapat beberapa nomor soal yang tidak dijawab oleh peserta didik.

 

 


Full Text:

PDF

References


Albab, U., & Anisyah, Q. (2018). Analisis Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang pada Materi Suhu dan Kalor. UM, 3, 1–7.

Amalina, A., Qoma Rosita, R., & Putri Tananda, V. (2020). Analisis Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi. JKB, 1, 33–39.

Ambarwaty, D. S. H. E., Muslim, M., & Hernani, H. (2021). Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa SMP pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan IPA, 10, 13–17.

Amielia, S. D., Suciati, S., & Maridi, M. (2017). Profil Keterampilan Argumentasi Siswa SMA Negeri 5 Surakarta. Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW, 6.

Amiroh, F., & Admoko, S. (2020). Tinjauan Terhadap Model-Model Pembelajaran Argumentasi Berbasis TAP Dalam Meningkatkan Keterampilan Argumentasi dan Pemahaman Konsep Fisika Dengan Metode. 8.

Ansari, K. (2020). Arah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada Era Revolusi Industri 4.0. Pustaka Diksi.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167

Bahri, S. (2012). Penggunaan Multiplerepresetasi dan Argumentasi Ilmiah dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Serambi Ilmu, 13. https://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ilmu/article/view/1043

Budiyono, A., Wildani, A., & Mahardika, K. (2020). Analisis Korelasi Kemampuan Memahami dengan Kemampuan Berargumentasi Siswa Melalui Model Pembelajaran Argument Based Science Inquiry. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 36–50. https://doi.org/10.21580/phen.2020.10.1.4539

Eemeren, F. H. V., & Garssen, B. (2019). Argumentation in Actual Practice. John Benjamins Publishing Company.

Eemeren, F. H. V., & Grootendorst. (2004). A Systematic Theory of Argumentation. Cambridge University Press.

Efendi, A., & Susanti, D. O. (2020). Logika dan Argumentasi Hukum. Kencana.

Fatmawati, R. D., Harlita, H., & Ramli, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa melalui Action Research dengan Fokus Tindakan Think Pair Share. Proceeding Biology Education Conference, 15, 253–259.

Hanafy, Muh. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17, 66–79.

Handayani, P. (2015). Analisis Argumentasi Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang dengan Menggunakan Model Argumentasi Toulmin. 2, 9.

Indrawati, K. A. D., & Febrilia, B. R. A. (2019). Pola Argumentasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (Spltv). FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(2), 141. https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.141-154

Irvan, A., & Admoko, S. (2020). Analisis Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Berbasis Pola Toulmin’s Argument Pattern (Tap) menggunakan Model Argument Driven Inquiry dan Diskusi pada Pembelajaran Fisika SMA. 7.

Jorde, D., & Dillon, J. (2012). Science Education Research and Practice in Europe. Sense Publishers.

Junaiyah, H. M., & Arifin, E. Z. (2010). Keutuhan Wacana. Grasindo.

Mubarok, O. S., Danawan, A., & Muslim, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMA Pada Materi Pengukuran. 8.

Muhajir, S. N., Oktaviani, V., Yuningsih, E. K., & Mulhayatiah, D. (2016). Profil Keterampilan Argumentasi Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika dengan Bantuan ICT. Prosiding SKF 2016, 1–9.

Muslim, M. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Argumentasi Dialogis dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMA. JPPPF, 1, 13–18.

Muslim, M., & Suhandi, A. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Sekolah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Calon Guru Fisika. 9.

Muslim, M., Utari, S., & Ginanjar, W. S. (2015). Penerapan Model Argument-Driven Inquiry dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 32. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.559

Noviyani, M., Kusairi, S., & Amin, M. (2017). Penguasan Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA dengan Inkuiri Berbasis Argumen. 5.

Nuryandi, A., & Rusdiana, D. (2015). Penerapan Dialogical Argumentation Instructional Model (DAIM) untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Argumentasi Siswa SMA pada Materi Listrik Statik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(3). https://doi.org/10.17509/jpp.v15i3.1422

Pritasari, C. A., Dwi Astuti, S., & Probosari, R. M. (2016). Peningkatan Kemampuan Argumentasi melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas X MIA 1 Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Biologi, 8, 1–7.

Qomusuddin, I. F. (2019). Statistik Pendidikan (Lengkap dengan Aplikasi IBM SPSS Statistic 20.0). Deepublish.

Rahayu, Y., Suhendar, & Jujun Ratnasari. (2020). Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Materi Sistem Gerak SMA Negeri Kabupaten Sukabumi-Indonesia. BIODIK, 6(3), 310–320. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9802

Rahmawati, D., & Suprapto, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Argumentasi Tertulis Peserta Didik SMA. 08(03), 4.

Riwayani, R., Perdana, R., Sari, R., Jumadi, J., & Kuswanto, H. (2019). Analisis Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Materi Optik: Problem-Based Learning Berbantuan Edu-Media Simulation. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22548.

Roja, F., L, Y., & A, S. (2019). Kemampuan Argumentasi dan Penguasaan Konsep Dinamika Rotasi dengan Pembelajaran Inkuiri untuk Pendidikan STEM pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Malang. JRPF, 5, 129–133.

Sandhy, A. K. (2018). Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika Dan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak. 10.

Sarira, P. M., Priyayi, D. F., & Astuti, S. P. (2019). Hubungan Argumentasi Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif pada Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 1–10. https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1258

Sudarmo, N. A., Djoko Lesmono, A., & Harijanto, A. (2018). Analisis Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Siswa SMA pada Konsep Termodinamika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7, 196–201.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran (Mastery Learning). Deepublish Publisher.

Widhi, W. M. T., Hakim, A. R., Wulansari, N. I., Solahuddin, M. I., & Admoko, S. (2021). Analisis Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) Dalam Memahami Konsep Fisika Dengan Metode Library Research. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 79–91. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.79-91


Article Metrics

Abstract view : 796 times | PDF view : 321 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License