ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 21 MAKASSAR

Ahmad Dahlan(1*), Herman Herman(2), Ahmad Yani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i2.26144

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian penelitian survei dengan jenis data deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 21 Makassar Tahun Ajaran 2020. Populasi penelitian adalah Peserta Didik Kelas XIIPA dengan jumlah sampel penelitian 200 Peserta didik yang tersebar dienam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 76,13 % peserta didikberada pada kategori tinggi untuk dimensi faktual dan 70,24 % peserta didik berada kategori tinggi untuk dimensi konseptual.Peserta didik masih kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal kognitif pada tingkat evaluasi (C5) dan mencipta (C6) dengan dijawab 24 % responden. Padasoal-soal kognitif tingkat Aplikasi (C3)dan Analisis (C4) tingkat keberhasilan menjawab soal benar peserta didik berada pada taraf 91%dan 95%. Hal ini menunjukkan jika pembelajaran di sekolah telah sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang meletakkan tujuan pembelajaran pada materi Fluida pada tingkat C4.Hasil ini diharapkan menjadi landasan bagi Guru Fisika di SMA Negeri 21 Makassar untuk meningkatkan proses pembelajaran pada ranahHigh OrderThinking.


Full Text:

PDF

References


Fathiah, Kaniawati, I., & Utari, S. (2017). Analisis Didaktik Pembelajaran yang Dapat Meningkatkan Korelasi antara Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 111-117.

Huda, N., & Sinaga, E. L. (2012). Analisis Kemampuan Berdasarkan Ranah Kognitif Siswa Akselerasi Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran di SMPN 7 Kota Jambi. Sainmatika (Jurnal Sains dan Matematika), 5(1), 54-75.

Khamzawi, S., Wiyono, K., & Zulherman. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Fluida Dinamis untuk SMA Kelas XI. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 100-108.

Khasanah, R., Sarwi, & Masturi. (2015). Implementasi Model Project Based Learning Berbantuan Lks Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Dan Performance Siswa. Unnes Physics Education Journal (UPEJ), 4(2), 83-89.

Mundilarto. 2002. Kapita Selekta Pendidikan Fisika. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Naufalina, R. T., Suwarma, I. R., & Sutiadi, A. (2016). Profil Kemampuan Kognitif Siswa SMA dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Teknik Pembelajaran ‘Take-Away’. SNF2016-EER. 5, pp. 45-50. Jakarta: PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL).

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rosa, F. O. 2015. Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika (Journal of Physics and Physics Education), 1(2), 24-28.

Sari, I. N., Saputri, D. F., & Jubaida, N. (2018). Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Materi Fluida Dinamis Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Kognitif. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 55-68.

Siswanto, Asriyadin, Yusiran, & Subali, B. (2017). Inquiry by Design Argumentation Activity: Melatihkan Kemampuan Kognitif pada Pembelajaran Fisika. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 51-65.


Article Metrics

Abstract view : 467 times | PDF view : 175 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License