PENGARUH PENDEKATAN INDUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 5 BULUKUMBA

Andi Auliyah Warsyidah(1*), Muhammad Arsyad(2),

(1) 1Universitas Indonesia Timur
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v12i2.2167

Abstract


The study aimed at (1) describing the abstract thinking ability of students taught by employing inductive approach, (2) describing the mastery of physics concept of students taught by employing conventional approach, (3) gaining information on the mastery of physics concept of students taught by employing inductive approach, (4) obtaining information on the mastery of physics concept of students taught by employing conventional approach, (5) analyzing whether abstract thinking ability of students taught by employing inductive approach is higher than the one taught by employing conventional approach, and (6) analyzing whether the mastery of physics concept of student taught by employing inductive approach is higher than the ones taught by employing conventional approach.The study employed experiment research with posttest-only-control-group design. The population of the study was all six classes of slass VII at SMPN 5 Bulukumba, consisted of 140 students. The sample was selected randomly and obtained class VII4 as the experiment class taught by employing inductive approach and class VII2 as the control class by employing conventional approach with each class consisted of 22 students.The result of the study revealed that (1) the abstract thinking ability of students in learning Physics taught by employing inductive approach was in fair category with the mean score 13,82, (2) the mastery of Physics concept of students in learning Physiscs taught by employing conventional approach was in fair category with the mean score 11,55, (3) the mastery of Physics concept of students taught by employing inductive approach was in the mean score 22,59, (4) the mastery of Physics concept of students taught by employing conventional approach was in far category with the mean score 16,68, (5) the abstract thinking ability of students in class VII at SMPN 5 Bulukumba taught by employing inductive approach is higher than the ones taught by employing conventional approach, and (6) the mastery of physics concept of students in class VII at SMPN 5 Bulukumba taught by employing inductive approach is higher than the ones taught by employing conventional approach.
Keywords: inductive approach, abstract thinking ability, mastery of physics concept

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir abstrak peserta didik yang diajar dengan pendekatan induktif, (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir abstrak peserta didik yang diajar dengan pendekatan ilmiah, (3) mendeskripsikan penguasaan konsep fisika peserta didik yang diajar dengan pendekatan induktif, (4) mendeskripsikan penguasaan konsep fisika peserta didik yang diajar dengan pendekatan ilmiah, (5) menganalisis guna menentukan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir abstrak lebih tinggi, dan (6) menganalisis guna menentukan peserta didik yang memiliki penguasaan konsep fisika lebih tinggi. Jenis penelitian adalah penelitan eksperimen dengan posttest only control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan pendekatan induktif dan kelas kontrol dengan pendekatan ilmiah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Bulukumba, terdiri dari enam kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 140 orang, sedangkan sampel diambil dengan teknik pengacakan kelas sehingga terpilih Kelas VII4 sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir abstrak peserta didik dalam pembelajaran fisika melalui pendekatan induktif berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 13,82, (2) kemampuan berpikir abstrak peserta didik dalam pembelajaran fisika melalui pendekatan ilmiah berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 11,55, (3) penguasaan konsep fisika peserta didik melalui pendekatan induktif berada pada kategori dengan skor rata-rata 22,59, (4) penguasaan konsep fisika peserta didik melalui pendekatan ilmiah berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 16,68, (5) kemampuan berpikir abstrak peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Bulukumba dengan pendekatan induktif lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan pendekatan ilmiah, dan (6) penguasaan konsep fisika peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Bulukumba dengan pendekatan induktif lebih tinggi daripada yang diajar dengan pendekatan ilmiah.

Kata Kunci:Pendekatan induktif, kemampuan berpikir abstrak, dan penguasaan konsep fisika

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, I.K., & Amri,S. 2001. Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Amin, M. & Baharuddin. 2001. Pengaruh Pendekatan Berpikir Deduktif-Induktif serta Pemahaman Konsep-Konsep Pengantar Elektro Teknik Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pengatar Elektro Teknik. Jurnal Penelitian, (Online), Vol 7 (2).

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Hamdani, D., Kurniati, E. & Sakti, I. 2012. Pengaruh model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Pemahamn konsep Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, (Online), Vol.X No.1.

Handayani, T. P. 2009. Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Induktif melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Pada Pokok Bahasan Kalor ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMA Kelas X. Jurnal Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

IBM [Computer Software]. (2012). IBM SPSS Statistic License Authorized Wizard (20.0 for Windows).[Computer Software].(2012). Chicago: SPSS

Joyce, B.,Weil, M. & Calhoun,E. 2011. Model-Model Pengajaran (Terjemahan Oleh Achmad Fawaid & Ateilla Mirza) (8th ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khasanah, Umi. 2014. Penerapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran. Makalah (Online). (http://umikhasanah49.blogspot.com/2014/05/bab-i-pendahuluan-1.html, Diakses 19 februari 2015).

Low, David. 2010. Teaching Inductively: Games In the Teritary Classroom. Jurnal School of Physical, Enviromental and Mathematical Science. Proceedings of the 16th Uniserve Science Annual

Conference, University of Sydney (72-78). Australia: The University of New South Wales at the Australian Defence Force Academy.

Narjaikaew, P., Emarat, N., Arayathanitkul, K. & Cowie, B. 2009. Magnetism Teaching Sequences based on Inductive Approach For First Year Thai University Science Students. International Journal of Science and Mathematics Education, (Online), 8:891-910. National Science Counci, Taiwan.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Mengusai Bahan Ajar. Disertasi, Tidak Diterbitkan. Surabaya: UNESA.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Tahapan Perkembangan Anak dan Pemilihan Bacaan Sastra Anak. Cakrawala Pendidikan, Th.XXIV, No 2.

Rofiah, N. & Handhika, J., 2012. Penggunaan Media Pembelajaran IM3 ditinjau dari Kemampuan Berfikir Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, (Online), Vol.3 No.1.

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran (Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar). Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar

Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta

Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi

Tawil, Muh. 2006. Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas II SLTP Negeri 1 Sungguminasa, Kabupaten Gowa. Jurnal Penelitian. Makassar.

Uno, H. B. 2011. Model Pembelajaran (Menciptakan Prose Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif). Jakarta: Bumi Aksara.

Wilis, P. J., 2012. Pentingnya Kemampuan Berpikir Abstrak dalam Belajar.(http://www.suarakumandang.com/2012/07/10/pentingnyakemampuan-berfikir-abstrak-dalam-belajar.php, Diakses 13 februari 2015).

Yuniyanti, E.D., Sunarno, W. & Haryono. 2012. Pembelajaran Kimia Menggunakan Inkuiri Terbimbing dengan Media Modul dan E-Learning ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Membaca dan Kemampuan Berpikir Abstrak. Jurnal inkuiri, (Online), Vol 1, No 2.


Article Metrics

Abstract view : 852 times | PDF view : 444 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License