PENGARUH SIKAP SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X MIPA DI SMAN 11 KOTA JAMBI

Rizka Octavia Sandra(1*), Muhammad Iqbal(2), Alexander Yudha Abimantara(3),

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i1.15791

Abstract


Penelitian memiliki tujuan untuk melihat bagaimana pengaruh sikap terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMAN 11 Kota Jambi.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan sampling menggunakan teknik purposive sampling.Subjek penelitian sebanyak 60 siswa kelas X di SMAN 11 Kota Jambi.Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji parametrik atau uji korelasi person dimana untuk memenuhi hipotesis nilai signifikasi < dari 0.05 dengan nilai signifikasi yang didapat sebesar 0.042 maka terdapat pengaruh dari sikap siswa terhadap hasil belajar di SMA 11 Kota Jambi. Maka hipotesis yang diperoleh bahwa cukup baiknya sikap siswa membuat hasil belajar siswa cukupbaik.

This study aims to see how the relationship between attitudes and learning outcomes of class X students at SMAN 11 Jambi City. This type of research is a quantitative study using a survey method with a sampling technique using purposive sampling technique. The research subjects were 60 students of class X at SMAN 11 Jambi City. The results of the study were based on hypothesis testing using the parametric test or correlation test, the value was 0.042. this means that there is a relationship between student attitudes towards learning outcomes at SMA 11 Kota Jambi.



Full Text:

PDF

References


Agustinova, D. E. (2018). Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah Pada Sekolah Menengah Atas. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19396

Armandita, P., Wijayanto, E., Rofiatus, L., Susanti, A., & Rumiana, S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Fisika Di Kelas XI Mia 3 Sma Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 129–134.

Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Sumaryanti, S. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), 59. https://doi.org/10.26737/jipf.v3i2.694

Astalini, Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Haerul, P. (2019). Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 34–43. https://doi.org/10.15294/upej.v8i1.29510

Asyhari, A., & Hartati, R. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91

Darmawangsa, R., Astalini, & Kurniawan, D. A. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Atas Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 6(1), 107–114.

Fatimah, F., & Sari, R. D. K. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 108–113. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113

Hanna, D., Sutarto, & Harijanto, A. (2016). Model Pembelajaran Tema Konsep Disertai Media Gambar Pada Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 23–29.

Hardiyanti, K., Atalini, & Kurniawan, D. A. (2018). Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di SMA Negeri 5 Muaro Jambi. Jurnal Edufisika, 3(2), 1–11.

Herbiadi, A., Sahala, S., & Arsyid, S. B. (2015). Hubungan Antara Sikap Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(5), 1–10.

Nedawati, N. (2020). Deskripsi Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(1), 1–7.

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27–44. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769

Sunhaji, S. (2012). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30–46.

Wahyudi, I. (2017). Pengembangan Program Pembelajaran Fisika SMA Berbasis E-Learning dengan Schoology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 187–199. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1850

Wulandari, M., & Febriana, N. Y. (2020). Analisis Hubungan Sikap dengan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 122–128.


Article Metrics

Abstract view : 521 times | PDF view : 180 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License