ANALISIS HASIL BELAJAR YANG DIAJAR MENGGUNAKAN SIMULASI PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 8 LUWU TIMUR

Suharti Bunga(1*), Khaeruddin Khaeruddin(2), Ahmad Yani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i3.15716

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain one-shot case study. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar hasil belajar fisika peserta didik melalui penggunaan Simulasi PhET di SMA Negeri 8 Luwu Timur. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar fisika peserta didik setelah diajar menggunakan Simulasi PhET, subjek penelitian menggunakan kelas XI IPA 2. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda hasil belajar pada ranah kognitif. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata sebesar 18.13 berada pada kategori sedang. Tabel distribusi frekuensi menunjukkan pembelajaran fisika secara keseluruhan peserta didik sebesar 3,3% berada pada kategori sangat tinggi, 43,3% berada pada kategori tinggi, 50,0% berada pada kategori sedang, dan 3.3% berada pada kategori rendah.

Kata Kunci : simulasi PhET, teori kinetik gas, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Anonim. Pengertian Manfaat Jenis dan Pemilihan Media Pembelajaran. http://asikbelajar.com/pengertian-manfaat-jenis-dan-pemilihan/ diakses tanggal 21 mei 2019

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A, (2014). Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Basleman, A. & Mappa, S. (2011). Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT Remaja Dosdakarya.

Dewantikumala, (2016). “Penerapan Media Berbasis Simulasi terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 Bontonompo”. FMIPA. Universitas Negeri Makassar. Makassar

Ekawati, Y., Haris, A., & Amin, H. B. D. (2005). Penerapan Simulasi PhET (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar: Vol (03) No 01:75

Jaya, H. (2012). Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi: Vol (02) No. 01

Munandar, H., Sutrio., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Tegnologi: Vol (04) No 01

Mulyaningsih, (2014). Penerapan Pembelajaran Fisika pada Materi Cahaya dengan Media PhET Simulation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF): Vol (03) No 01: 76-80

Nurhayati, N., Fadilah, S., & Mutmainah, M. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantu Media Animasi Software Phet Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Listrik Dinamis Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA): Vol (4) No 02

Perkins, K., Adams, W., Dubson, M., Finkelstein, N., Reid, S., & Wieman, C. (2004). PhET: Interactive Simulations for Teaching and Learning Physics. Boulder: University of Colorado

PhET Project in University of Colorado, (https: //phet.colorado.edu/)

Razi, P. (2013). Hubungan Motivasi dengan Kerja Ilmia Siswa dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Virtual Laboratory di Kelas X SMAN Kota Padang. Jurnal Tegnologi Informasi & Pendidikan. Jurnal: Vol. (6) No. 02

Riduwan. (2016). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Ruslan. (2009). Validitas Isi. Buleten Pabaritta No.10 tahun VI, 19.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Tegnologi Informasi dan Komunikasi, Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Supardi. (2015). Penilaian Autentik, Pembelajaran Afektif, Kognitif, Psikomotorik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susatyo, B. (2015) Prosedur Penyusunan & Analisis Tes (Penilaian Hasil Belajar Bidang Kognitif). Bandung: Refika Aditama

Syaifulloh, R. B., & Jatmiko, B. (2014). Penerapan Pembelajaran Dengan Model Guided Discovery Dengan Lab Virtual PhET Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Tuban Pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas. Inovasi Pendidikan Fisika: Vol (03) No 0): 6

Tiro, M. (1999). Dasar-Dasar Statistika. Makassar: State Of University.


Article Metrics

Abstract view : 291 times | PDF view : 85 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License