PENGARUH TES OBJEKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SIDENRENG RAPPANG

Nur Mutiah(1*), Kaharuddin Arafah(2), Aisyah Azis(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i3.15710

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA yang dinilai menggunakan tes objektif dan yang dinilai menggunakan tes subjektif. Selain itu, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sidenreng Rappang yang dinilai menggunakan tes objektif dan tes subjektif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan post- test only control groups design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sidenreng Rappang tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 179 dan sampel yang dipilih secara rambang. Analisis data hasil penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar fisika peserta didik dan teknik analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan analisis deskriptif didapatkan bahwa rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang dinilai dengan menggunakan tes objektif 28, 89 dengan standar deviasi 9, 78 sedangkan rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang dinilai dengan menggunakan tes subjektif 31, 92 dengan standar deviasi 9,74. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika peserta didik yang dinilai dengan menggunakan tes objektif dan tes subjektif.


Full Text:

PDF

References


Ali, sidin dan Khaeruddin. 2012. Evaluasi pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi) . Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bastable, Susan.B. 2002. Perawat sebagai Pendidik: Prinsip-Prinsip Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta: Kedokteran EGC.

Basuki, ismet dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Aksara.

Khan, Moeen Uz Zafar dan Badr Muhammad Aljarllah. 2011. Evaluation of Modified Essay Questions (MEQ) and Multiple Choice Questions (MCQ) as a tool for Assessing the Cognitive Skills of Undergraduate Medical Students. International Journal of Health Sciences, Qassim University. Vol 5(1) : 39 – 43.

Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhammad, As’Adi. 2010. Bila Otak Kanan dan Otak Kiri Seimbang. Jogjakarta: Diva Pess.

Murti, Wiyanto dan Hartono. 2018. Studi Komparasi antara Tes Testlet dan Uraian dalam Mengukur Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gombong. Unnes Physisc Educatioan Jounal. ISSN: 2252-6935

Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Rajagrafindo Persada.

Saeed, Ghassan Th et al. 2017. Multiple Choice Questions And Essay Questions In Assessment Of Success Rate In Medical Physiology. Journal Of The Faculty Of Medicine Baghdad. Vol 59 No. 4.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susetyo, Budi. 2015. Prosedur Penyusunan & Analisis Tes. Bandung: PT Refika Aditama.

Uno, Hamzah B dan Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yusuf, A.Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendali Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zulaiha, Rahmah. 2008. Analisis Soal Secara Manual. Departemen Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penilaian Pendidikan. Jakarta: PUSPENDIK.


Article Metrics

Abstract view : 652 times | PDF view : 143 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License