PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SMA NEGERI 9 MAKASSAR

Firdanita Palin Layuk(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i1.15283

Abstract


Penelitian ini adalah True-Experiment  dengan desain penelitian posttest only control grup design yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi dan hasil belajar fisika peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMAN 9 Makassar pada kelas X MIA 6 dan X MIA 7 semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode eksperimen pada kelas eksperimen dan metode ceramah pada kelas kontrol, sedangkan variabel tak bebasnya yaitu motivasi belajar fisika dan hasil belajar fisika peserta didik pada materi gerak lurus beraturan. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan posttest yang dianalisis secara deskriptif dan inferensial serta dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis diperoleh motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan metode eksperimen berada pada kategori sangat baik dan yang diajar dengan menggunakan metode ceramah juga berada pada kategori baik. Sedangkan untuk hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan metode eksperimen berada pada kategori tinggi dan yang diajar dengan menggunakan metode ceramah  berada pada kategori sedang

Full Text:

PDF

References


Aziz, A., Rokhmat, J., & Kosim. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 203.

Djamara, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Haling, A., & Pattaufi. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Muthmainnah, Rokhmat, J., Jannatin, & Ardhuha. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Fisika Berbasis Eksperimen Virtual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika SIswa Kelas X MAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 40.

Rufiana, I. S. (2015). Level Kognitif Soal Pada Buku Teks matematika Kurikulum 2013 Kelas VII untuk Pendidikan Menengah. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 17.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 253.


Article Metrics

Abstract view : 965 times | PDF view : 367 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License