IDENTIFIKASI SIKAP ILMIAH DALAM MELAKUKAN PRAKTIKUM FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMAN 12 MAKASSAR

Chaerunnisa Eka Sari(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i1.15281

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap ilmiah peserta didik dalam praktikum fisika dan untuk mengetahui sikap ilmiah yang dominan muncul pada peserta didik kelas X MIPA 5 SMAN 12 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian berjumlah 34 orang peserta didik kelas X MIPA. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen lembar observasi sikap ilmiah peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap ilmiah peserta didik kelas X MIPA 5 SMAN 12 Makassar dalam praktikum fisika mengalami peningkatan pada setiap kegiatan praktikum. Sikap ilmiah peserta didik pada praktikum pertama yang termasuk kategori baik adalah sikap rasa ingin tahu 75.49%, bekerja sama 70.59%, bertanggung jawab 79.41%, berpikiran terbuka 67.65%, dan disiplin 66.18% sedangkan sikap ilmiah peserta didik yang termasuk kategori sangat baik adalah sikap objektif 82.35%. Pada praktikum kedua sikap ilmiah peserta didik yang termasuk dalam kategori baik adalah sikap disiplin 77.94% sedangkan yang termasuk kategori baik sekali adalah sikap rasa ingin tahu 80.39%, objektif 88.24%, bekerja sama 80.88%, bertanggung jawab 85.29% dan berpikiran terbuka 83.82%. Pada praktikum ketiga semua indikator sikap ilmiah peserta didik termasuk kedalam kategori baik sekali, sikap rasa ingin tahu 85.29%, objektif 92.65%, bekerja sama 88.24%, bertanggung jawab 91.18%, berpikiran terbuka 92.65%, dan disiplin 82.35%. Pada umumnya, sikap ilmiah peserta didik kelas X MIPA 5 SMAN 12 Makassar yang dominan muncul pada ketiga kegiatan praktikum dengan persentase tertinggi adalah sikap objektif sebesar 87.75%.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Jensen, E. (2008). Brain Based Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Guswita, S. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah bagi Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Bandar Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Ulfa, S. W. (2016). Pembelajaran Berbasis Praktikum: Upaya Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, VI(1), 65-75.

Ulva, V., Ibrohim, & Sutopo. (2017, Mei 20). Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Ekosistem. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5), 622-626.


Article Metrics

Abstract view : 656 times | PDF view : 191 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License