ANALISIS HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 2 POLEWALI

Arham Arham(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i1.15280

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis informasi tentang gambaran hasil belajar fisika di SMA Negeri 2 Polewali tahun ajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI  MIPA SMA Negeri 2 Polewali yang berjumlah 103 orang. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data kemampuan kognitif peserta didik dengan memberikan tes tertulis berupa pilihan ganda diakhir pembelajaran dan untuk memperoleh data kemampuan psikomotorik peserta didik dengan menggunakan lembar observasi serta ranah afektif menggunakan instrumen penilaian diri. Berdasarkan analisis statistik deskriptif diperoleh gambaran kemampuan kognitif peserta didik berada pada kategori tinggi dan gambaran kemampuan psikomotorik peserta didik berada pada kategori cukup terampil serta gambaran ranah afektif peserta didik berada pada kategori baik

Full Text:

PDF

References


Ali, S dan Khaeruddin. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Atina, Astri. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif (Attitude Toward Chemistry) dengan Teknik Peer dan Self Assessment Siswa SMA Negeri 2 Salatiga. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Ayub, Putu dan Edy Sujoko. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Satya Widya. Vol. 29 No. 1: hal 98.

Dimiyanti dan Mudjono, D. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hardianti, Tuti. (2018). Analisis Kemampuan Peserta Didik pada Ranah Kognitif dalam Pembelajaran FisikaSekolah Menengah Atas. Seminar Nasional Quantum #25: hal 557.

Iskandar, H. (2013). Model Pengembangan Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan SMA.

Kemendikbud. (2015). Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemendikbud. (2017). Panduan Penilaian Kompetensi Sikap Kurikulum 2013. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Menengah.

Matondang, Zulkifli. (2009). Validitas dan Reliabilitas suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. Vol. 6. No.1: hal 93.

Muhammad, F. & Djaali. (2003). Metodologi Penelitian Sosial (Bunga Rampai). Jakarta: PTIK Pres Jakarta & CV. Restu Agung.

Octavia, Friska. (2017). Eksplorasi Kemampuan Psikomotorik Siswa terhadap Kemampuan Memprediksi dan Mengobservasi ditinjau dari Gender. JPF Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 5. No. 2: hal 114.

Purwanto, M. Ngalim. (2002). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 20. No. 2: hal 167.

Sudjana, N. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiarti. (2018). Penilaian Psikomotorik Peserta Didik Pembelajaran Fisika melalui Model Pembelajaran Guyded Inkuiri. Journal of Physic and Science Learning. Vol. 02. No. 1: hal 78.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Susetyo, Budi. (2015). Prosedur Penyusunan dan Analisis Tes untuk Penilaian Hasil Belajar Bidang Kognitif. Bandung: Refika Aditama.

Uno, Hamsa B. (2012). Assessment Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 705 times | PDF view : 214 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License