ANALISIS HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 3 MAKASSAR

Mafudiansyah Mafudiansyah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i1.15279

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis informasi tentang deskripsi hasil belajar fisika di SMA Negeri 3 Makassar tahun ajaran 2018/2019. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI  MIA 3 SMA Negeri 3 Makassar yang berjumlah 30 peserta didik. Untuk memperoleh data hasil belajar psikomotorik peserta didik maka digunakan lembar observasi dan untuk memperoleh data hasil belajar kognitif peserta didik maka pada akhir pembelajaran dilakukan tes akhir dengan menggunakan instrumen tes soal bentuk pilihan ganda. Berdasarkan analisis statistik deskriptif diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil belajar kognititf peserta didik sebesar 13,97 dengan standar deviasi sebesar 4,29 atau berada pada kategori sedang. Nilai rata-rata hasil belajar psikomotorik peserta didik sebesar 16,46 dengan standar deviasi sebesar 1,63 atau berada pada kategori tinggi.

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W. (1981). Assessing Affective Characteristic in the Schools. Boston: Allyn and Bacon.

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bloom, B. S. (1976). Taxonomy of Educational Objectives. New York: David McKay.

Dave, R. (1967). Taxonomy of Educational Objectives and Achievement Testing. London: University of London Press.

Iskandar, H. (2013). Model Pengembangan Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan SMA. Diakses dari https://kelaskita.com/media/static/model penilaian hasil belajar.pdf pada tanggal 3 Mei 2018.

Krathwohl, D. R (2002). A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. Theory into practice Teaching and Assessing. Journal Theory Into Prctice.

Krathwohl, D. R., & Anderson, L. W. (1961). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing. New York: Longman.

Oktaviani, R.F. (2015). Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Jurnal Fiska dan Pendidikan Fisika Vol 1, No 2 (2015).

Popham, W. (1995). Classroom Assessment. Boston: Allyn and Bacon.

Purwanto, N. (2002). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, D. (2006). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan (Dengan Pendekatan Baru). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 1385 times | PDF view : 551 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License