PERANAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 LAPPARIAJA

Hardianti Hardianti(1*), Nurhayati Nurhayati(2), Ahmad Yani(3),

(1) Jurusan Fisika FMIPA UNM
(2) Jurusan Fisika Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Fisika Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v11i1.1464

Abstract


This research aimed to describe students’ physics learning achievement who were taught by using scientific approach and expository approach and to find out the difference between them. This research was a Quasi Experimental with Intact Group Comparison design. The population of this research was the first grade students of SMA Negeri 1 Lappariaja academic year 2013/2014 with 350 students and the number of sample were 72 students which was divided into two classes directly chosen by the subject teacher. The descriptive analysis result showed mean score of experimental group was around 13 while the mean score of the control group was around 8. Inferential analysis showed that there is a significance difference in physics learning achievement between applying the scientific approach and by not applying a scientific approach to students grade X SMAN 1 Lappariaja academic year 2013/2014.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan scientific dan diajar dengan pendekatan ekspositori serta untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan diantara keduanya. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Intact Group Comparison. Subjek populasi adalah seluruh peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Lappariaja tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 350 peserta didik dengan sampel sebanyak 72 peserta didik dan terdiri dari dua kelas yang ditentukan secara langsung. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa taksiran rata-rata skor hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Lappariaja yang diajar dengan menggunakan pendekatan scientific adalah sekitar 13 sedangkan yang diajar dengan pendekatan ekspositori adalah sekitar 8. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan dengan pendekatan scientific dan yang diajar dengan pendekatan ekspositori pada taraf nyata 

Kata Kunci:         hasil belajar fisika, pendekatan scientific

Full Text:

PDF

References


Abdisa, Garuma dan Tesfaye Getinet. 2012. The Effect of Guided Discovery on Students’ Physics Achievement. Lat. Am. J. Phys. Educ. Vol. 6, No. 4

Al-Sharaf, Adel. 2012. Developing Scientific Thinking Methods and Applications in Islamic Education. Kuwait University. Pages: 1.

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

____________. 2013. PPT-2.1. Konsep Pendekatan Scientific (Ilmiah). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan.

Bahri Syaiful, Djamarah dan Zain Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, Imam dan Palupi Anggraini Retno. 2013. Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. {Online}. Tersedia:http://www.google.com/2_Imamgun&Anggraini_TaksonomiBloom_RevisiRanahKognitif.pdf (03 Juli 2014)

Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Grafindo Persada

Ormrod. 2009. Psikologi Pendidikan Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga

Riduwan. 2009. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kharisma Putra Utama

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Smith, Felicity J. 2009. Conducting Your Pharmacy Practice Research Project. University of London: Pharmaceutical Press

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Tang, Xiaowei, Daniel M. Levin dkk. 2009. The Scientific Method and Scientific Inquiry: Tensions In Teaching and Learning. Wiley Interscience.

Tiro, Arif. 2008. Dasar-dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher

Wieman, Carl. 2007. Why Not Try a Scientific Approach to Science Education? Amerika: Change Magazine

Wena, Made. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta. Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 441 times | PDF view : 239 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License