IMPLEMENTASI SIMULASI PhET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) DAN KIT IPA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 6 PINRANG

Dewi Armita Basri(1*), Bunga Dara Amin(2), Ahmad Yani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i3.13496

Abstract


Penelitian ini adalah Pra Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan proses sains peserta didik yang menggunakan simulasi PhET dan menggunakan KIT IPA, serta aspek yang dominan pada kelas yang menggunakan simulasi PhET dan KIT IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Pinrang tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel kelas X MIPA 2 yang berjumlah 33 peserta didik sebagai kelas yang menggunakan KIT IPA dan kelas X MIPA 3 yang berjumlah 33 peserta didik sebagai kelas yang menggunakan simulasi PhET. Alat pengumpul data menggunakan instrumen tes berupa tes keterampilan proses sains dan instrumen nontes berupa lembar observasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu gambaran aspek keterampilan proses sains yang dominan pada kelas yang menggunakan simulasi PhET adalah mengamati, menerapkan konsep, melakukan percobaan, dan mengomunikasikan. Sedangkan gambaran aspek keterampilan proses sains yang dominan pada kelas yang menggunakan KIT IPA adalah menginterpretasi data, memprediksi, mengklasifikasikan, dan menarik kesimpulan. Sehingga, aspek keterampilan proses sains dengan menggunakan KIT IPA lebih banyak muncul dibandingkan dengan menggunakan simulasi PhET.

Full Text:

PDF

References


Indayani, L. (2015). Peningkatan Prestasi Belajar Peserta didik melalui Penggunaan Media KIT IPA di SMP Negeri 10 Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 56.

Jufri. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Purnama, S. (2012). Penerapan Model Simulasi Antrian Multi Channel Single Phase Pada Antrian Di Apotek Purnama Semarang. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala, 3.

Rifai, H. K. (2015). Penggunaan KIT IPA yang dipadukan dengan pendekatan hands on untuk meningkatkan minds on siswa dikelas VB SDN Model Terpadu Madani Palu. Jurnal Mitra Sains, 5.

Samudra, G. B. (2014). Permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa SMA di Kota Singaraja dalam memepelajari Fisika. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4.

Semiawan, C. (1985). Pendekatan Keterampilan Proses Sains. Jakarta: Gramedia

Setiadi, A. M. (2012). Eeksplorasi Pemberdayaan Coursware Simulasi PhET Untuk Membangun Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pengajaran MIPA Volume 17, 259.

Sugioyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatitif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zulfiani, T. F. (2009). Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah.


Article Metrics

Abstract view : 279 times | PDF view : 119 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License