ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL FISIKA DI SMAN 2 BULUKUMBA

Andi Pratiwi Irwan(1*), Usman Usman(2), Bunga Dara Amin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i3.13494

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Untuk mengetahui gambaran kemampuan literasi sains peserta didik ditinjau dari kemampuan menyelesaikan soal fisika di SMAN 2 Bulukumba; (2)Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains peserta didik ditinjau dari kemampuan menyelesaikan soal fisika di SMAN 2 Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Sampel penelitian berjumlah 39 orang yang dipilih melalui random sampling. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif dan triangulasi data menunjukkan bahwa peserta didik dapat menjawab soal dengan baik dan benar paling tinggi pada indikator pengetahuan konten indikator mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah dikarenakan dalam menjawab soal tersebut peserta didik mengandalkan hafalan mereka terkait materi yang ada pada soal. Sedangkan, kesalahan paling banyak dilakukan peserta didik pada soal dengan indikator pengetahuan epistemik dan indikator menafsirkan data dan bukti secara ilmiah dikarenakan dalam menjawab soal tidak mengendalkan hafalan peserta didik melainkan kemampuan berfikir untuk memahami sebuah hal dan memberikan alasan maupun kesimpulan atas hal tersebut. Serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains peserta didik ditinjau dari kemampuan menyelesaikan soal fisika diantaranya adalah faktor perilaku guru selama proses pembelajaran yang kurang dalam pemberian bimbingan kepada peserta didik dalam pengerjaan soal, faktor minat peserta didik terhadap fisika yang kurang, faktor kebiasaan belajar peserta didik ketika diberi tugas saja.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Enawaty, E., & Lestari, I. (2018). Deskripsi Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XII IPA 1 di SMA Mujahidin Pontianak pada Materi Larutan Asam Basa. Jurnal pendidikan dan Pembelajaran, 7(5). Retrieved Maret 5, 2019, from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/25555

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). KBBI Daring. Retrieved Juni 25, 2019, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/literasi%20sains

Hill, R. (1998). What Sample Size is "Enough" in Internet Survey Research. IPCT Journal, 6(3-4).

OECD. (1999). Measuring Student Knowledge And Skill: A New Framework For Assessment. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2012). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

Putri, S. E., Firdaus, M., & Angraeni, L. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Tekanan Di Kelas VII MTs. Al-Husna Kota Pontianak. Jurnal pendidikan sains dan aplikasinya, 1(1), 39-46.

Rusilowati, A. (2014). Analisis Buku Ajar IPA yang Digunakan di Semarang Berdasarkan Muatan Literasi Sains. Proceeding Seminar Nasional Konservasi dan Kualitas Pendidikan 2014, (pp. 6-10). Semarang.

Sahidin, L., & Jamil, D. (2013). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 211-222.

Siagian, R. F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(2), 122-131.

U.S. Departement of Education. (2015). Retrieved from PISA 2015 Result: https://nces.ed.gov/surveys/pisa/pisa2015/index.asp

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif: Ilmu Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Wikipedia contributors. (2015). Literasi Saintifik. Retrieved Juni 25, 2019, from https://id.wikipedia.org/wiki/Literasi_saintifik

Yana, E. T. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Aspek Kompetensi dan Pengetahuan Calon Guru Fisika pada Materi Gelombang Bunyi. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan: Lampung.


Article Metrics

Abstract view : 2153 times | PDF view : 941 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License