PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 MAJENE

Muhdana Muhdana(1*), Herman Herman(2), Kaharuddin Arafah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i3.13493

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian true eksperiment dengan desain posttest only control group design. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis serta untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Majene Tahun Ajaran 2018/2019 dengan sampel yaitu kelas XI MIA 1 yang berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebanyak 31 orang sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel dilakukan secara acak. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran secara konvensional. Hasil tes uji statistik deskriptif kemampuan berpikir kritis diperoleh skor rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 14,10 dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol skor rata-rata yaitu 8,52 dengan kategori sedang dari skor ideal 21. Hasil uji statistik menggunakan uji t diperoleh bahwa HO ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang diajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diajar secara konvensional.

Full Text:

PDF

References


Agustin, R. S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri terbimbig Unuk Melatihkan Kemampuan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Kalianget. . Inovasi Pendidkan Fisika, 3(2), 14-19.

Azizah, A. K. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Bunyi . Pena Ilmiah, 1(1), 1-10.

Dewi, L. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dasar Dan Hasil Belajar IPA. Pendidikan Dasar, 3(1), 1-10.

Nisa, E. J. K. (2018). Development Of Guided Inquiry-Based Physics Teaching Materials To Increase Criticak Thinking Skills Of Highschool Students. Pendidikan Fisika Indonesia. 14(1), 18-25.

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Wahyuni, S. (2018). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inkuiry) dalam Meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Fisika. Education and Development, 3(1), 1-5

Yerita, S. W. S (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep dan kemampuan berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Kuripan Tahun ajaran 2017/2018. Pendidikan Fisika dan Tekhnologi, 3(2), 1-7


Article Metrics

Abstract view : 327 times | PDF view : 110 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License