PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
(1) Universitas Indonesia Timur
(2) Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Makassa
(3) Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Makassa
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i1.13488
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amri, Sofan. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Amir, Taufik. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning.Jakarta: Kencana
Darwis, Muhammad. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Melibatkan Kecerdasan Emosional. Disertasi Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Djaali dan Pudji. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.
Fisher,Alec.2009. Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga.
Hadi, Sutrisno.1991. Analisis Butir untuk Instrumen. Yogyakarta: Andi Offset.
Hajrah, Sitti. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta didik. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.
Sahabuddin.2007.Mengajar dan Belajar.Makassar.Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Said.2009. Pengembangan Model Perangkat Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Proses Sains. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiono, 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualias. Jakarta: Kencana.
Riduwan. 2008. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta.
Rusman. 2010. Model-Model pembelajaran. Jakarta: Grafindo
Sugiarti, Henik. 2005. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta didik SMPN I Tambakromo Kabupaten Pati Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah. Semarang.Universitas Negeri Semarang.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Zamroni & Mahfudz.2009. Panduan Teknis Pembelajaran yang Mengembangkan Critical Thinking. jakarta: kencana
Article Metrics
Abstract view : 563 times | PDF view : 159 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Organized by :
Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License