PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA KELAS XI MIA SMA NEGERI 5 PINRANG

Muh Al Ihwan(1*), Salamang Salmiah Sari(2), Muhammad Sidin Ali(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i2.11036

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes hasil belajar fisika untuk materi Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi, Elastisitas dan Hukum Hooke, Fluida Statik, Fluida Dinamik, Suhu dan Kalor, Teori Kinetik Gas serta Termodinamika. Dari tujuh Kompetensi dasar pada kelas XI MIA semester ganjil, dari 105 butir soal terdapat 103 butir soal valid hasil validasi teoretik oleh 2 pakar, 103 butir soal valid dengan koefisien konsistensi internal sebesar 0,98 setelah validasi empirik dari 103 butir soal diperoleh 62 butir soal valid setelah dilakukan uji coba sebanyak 2 kali. Pada ujicoba awal diperoleh 69 butir soal valid, pada ujicoba akhir diperoleh 62 butir soal yang valid dan diperoleh nilai reabilitas tes sebesar 0,93.tingkat kesukaran soal 7 butir soal (11,29%) pada kategori sukar, 55 butir soal (88,71%) pada kategori sedang. Untuk daya pembeda 3 butir soal (4,83%) terdapat pada kategori cukup, 18 butir soal (29,03%) pada kategori baik, dam 41 butir soal (66,12%) terdapat pada kategori sangant baik. efektivitas pengecoh semua pengecoh telah berfungsi dengan baik karena tidak terdapat pengecoh yang dipilih kurang dari 5 peserta didik (5%).Sehingga ke 62 butir soal tes hasil belajar fisika yang dikembangkan valid secara teoretik dan reliabel serta layak digunakan.

Full Text:

PDF

References


Ali, M. S., & Khaeruddin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Djali. Pudji Muljono. 2004. Pegukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Djaali, dan Pudji Muljono. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Gregory, R. J. 2015. Psichologycal Testing (History, Principles and Applications) (7th ed.). United States of America: Pearson.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kusaeri dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Permendikbud. 2016. Salinan Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta.

Rahayu, D. dan Azizah, U. 2012. Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Komputer Dengan Kombinasi Permainan “Who Wants To Be A Chemist” Pada Materi Pokok Struktur Atom Untuk Kelas X SMA RSBI. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Kimia Unesa.

Rusman. 2013. Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profosionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarno, W. 2009. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jokjakarta: Ar-Ruzz Media


Article Metrics

Abstract view : 1265 times | PDF view : 411 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License