PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i2.11035
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ambarsari, Wiwin., Santosa, Slamet, Maridi. 2013 Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta, Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 5, No 1.
Anam, K. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsini. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aristini, N. K. D., I Komang S., & Putu N. R. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri untuk Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 5, No. 2, 1-12.
Aryawan. 2014. Dasar-Dasar Motivasi Dalam Lingkungan Akademik (Edisi 2) Jakarta: Ghali Indonesia
Asminah, D. R. (2010). Pembelajaran fisika dengan metode inkuiri terbimbing dan inkuiri training ditinjau dari kemampuan awal dan aktifitas siswa. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Hadma. Y, dkk. 2012. Pemebalajarn fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains dengan metode eksperimen dan demonstrasi ditinjau dari sikap ilmiah dan kemampuan analisi. Jurnal iquiri Vol. 1 no 3. Tahun 2012.
Khaeruddin dan Sujiono, E. H. 2005. Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kopetensi. Makassar: State university of Makassar Press.
Kristin. S, Desmaria., Nyeneng, I Dewa Putu., Ertikanto, Candra.2015. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Ikuiri Terbimbing Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 3, No.1
Listyaningrum, Rahmawati Ika., Sajidan., Sucianti. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Inductive Thingking Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X.7
Article Metrics
Abstract view : 481 times | PDF view : 185 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Organized by :
Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License