PENERAPAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 GOWA

Itsna Khumaerah Susanto(1*), Muhammad Arsyad(2), Khaeruddin Khaeruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i2.11034

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan kogitif antara peserta didik yang diajar menggunakan tugas terstruktur dan peserta didik yang diajar tanpa menggunakan tugas terstruktur pada kelas XI SMA Negeri 1 Gowa Tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah peserta didik pada kelas XI MIA 9 sebanyak 35 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 6 sebanyak 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen di SMA Negeri 1 Gowa. Pengumpulan data diperoleh melalui tes kemampuan kognitif fisika dalam bentuk pilihan ganda. Data penelitian dianalisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil belajar fisika pada kelas eksperimen berada pada kategori rendah dan kelas kontrol berada pada kategori cukup. Sehingga pengujian hipotesis mengatakan terdapat perbedaan kemampuan kognitif antara peserta didik yang diajar menggunakan pemberian tugas terstruktur dan peserta didik yang diajar tanpa menggunakan tugas terstruktur.

Full Text:

PDF

References


Aldila, H., & Mulyanratna, M. 2013. Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Maospati.Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 2 (2), 49-54.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (PERMENDIKBUD) Republik Indonesia

Nomor 23 tahun 2016. Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Sri, R. 2000. Efektifitas pembelajaran dengan metode pemberian tugas terstruktur terhadap prestasi belajar fisika pada siswa kelas 1 caturwulan 1 SMU Negeri 1 Lawang.http://library.unm.ac.id. Diakses pada Rabu 2 Mei 2018.

Tarhadi.2007. Penggunaan Tes Uraian Dibandingkan dengan Tes Pilihan Ganda Terstruktur dan Tes Pilihan Ganda Biasa.Jurnal Pendidikan, 8 (2), 102-109.


Article Metrics

Abstract view : 230 times | PDF view : 83 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License