PENGARUH TSOI (TRANSLATING, SCLUPTING, OPERATIONALIZING, INTEGRATING) HYBRID LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SMA ISLAM ATHIRAH BUKIT BARUGA MAKASSAR

Rifaatul Mahmudah(1*), Subaer Subaer(2), Kaharuddin Arafah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i2.11030

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar dan tidak diajar menggunakan TSOI Hybrid Learning Model serta pengaruhnya terhadap hasil belajar fisika kelas X MIPA SMA Islam Athirah Bukit Baruga. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Islam Athirah Bukit Baruga tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 60 orang yang dibagi kedalam dua kelas, kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan Quipper School sebagai software Learning Management System untuk menunjang proses pembelajaran Blended Learning, Quipper School LMS terdiri dari Quipper School Link untuk guru dan Quipper School Learn untuk peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain Statistic Group Comparison. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan statistik inferensial untuk melihat pengaruh treatmen yang diberikan pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar fisika kelas eksperimen sebesar 12.30 dengan varians 10.63 dan kelas kontrol sebesar 11.13 dengan varians sebesar 10.91. Hasil analisis inferensial menunjukkan tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada taraf nyata (α=0.05).

Full Text:

PDF

References


Almasaeid, T. F. (2014). The effect of using blended learning strategy on achievement and attitudes in teaching science among 9th grade students. European Scientific Journal, 10(31).

Birlik, S. (2015). Taxonomy of the Cognitive Domain: An Example of Architectural Education Program. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 3272–3277. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.993

Bliuc, A.-M., Goodyear, P., & Ellis, R. A. (2007). Research focus and methodological choices in studies into students’ experiences of blended learning in higher education. The Internet and Higher Education, 10(4), 231–244. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2007.08.001

Bonk, C. J., & Graham, C. R. (2006). Handbook of Blended Learning: Global Perspective,

local design. Pfeiffer - An Imprint of willey. Retrieved from www.pfeiffer.com

Chew, C., & Wee, L. K. (2015). Use of Blended Approach in the Learning of Electromagnetic Induction. ArXiv Preprint ArXiv:1501.01527.

El-Mowafy, A., Kuhn, M., & Snow, T. (2013). Blended learning in higher education: Current and future challenges in surveying education. Issues in Educational Research, 23(2), 132–150.

Fie Tsoi, M. (2009). Applying TSOI hybrid learning model to enhance blended learning experience in science education. Interactive Technology and Smart Education, 6(4), 223–233.

Karplus, R., & Butts, D. P. (1977). Science teaching and the development of reasoning. Journal of Research in Science Teaching, 14(2), 169–175.

Konak, A., Clark, T. K., & Nasereddin, M. (2014). Using Kolb’s Experiential Learning Cycle to improve student learning in virtual computer laboratories. Computers & Education, 72, 11–22. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.10.013

Marchand, H. (2012). Contributions of Piagetian and post-Piagetian theories to education. Educational Research Review, 7(3), 165–176. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2012.04.002

Purnamawan, I. K., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2013). Pengaruh Model Tsoi Terhadap Pemahaman Konsep Dan Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).

SHURYGIN, V. Y., & SABIROVA, F. M. (2017). Particularities of blended learning implementation in teaching physics by means of LMS Moodle. Revista ESPACIOS, 38(40).


Article Metrics

Abstract view : 322 times | PDF view : 101 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License