MAKNA POLA PEMBELAJARAN FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 GOWA

Serli Fitriani(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v14i2.10818

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui makna pola pembelajaran pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gowa. Subjek penelitian adalah peserta didik yang memiliki presepsi bagus terhadap pola pembelajaran guru fisika dan bersedia diamati aktivitasnya dan dimintai pendapatnya. Data hasil penelitian diperoleh melalui tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan mengumpulkan data, memilah data, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Data diabsahkan dengan pepanjangan waktu pengamatan, triangulasi metode, triangulasi waktu, member chek dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pola pembelajaran fisika bermakna bagi peserta didik sebagai penguat potensi yang sudah dimilikinya. Pola pembelajaran bermakna bagi peserta didik ketika pola sesuai dengan pengetahuan awal, kebiasaan, karakter dan nilai yang dimiliki peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi Kelma. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Kridalaksana, H. (1993). Kamus Linguistik (4nd ed.). Jakarta: Gramedia.

Mulyasa. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Samana, A. (1994). Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.

Sarwono, S. W. (2014). Pengantar Psikologi Umum (1 ed.). Jakarta: Rajawali.

Wiyani, M. I. (2017). Psikologi pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.


Article Metrics

Abstract view : 128 times | PDF view : 37 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License