PERANAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 24 MAKASSAR

Irma Sakti(1*),

(1) SMP Negeri 24 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v14i2.10815

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian quasi eksprimen yang bertujuan untuk mengetahui Peranan Pembelajaran Inkuiri Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar sebanyak 9 kelas dengan sampel sebanyak 68 siswa yang masing-masing 34 siswa untuk kelas eksperimen dan 34 siswa untuk kelas kontrol yang diambil secara utuh melalui pengacakan kelas. Disain Penelitian yang digunakan adalah static group comparison. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar pemahaman konsep fisika yang memenuhi kriteria valid dengan reliabilitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar pemahaman konsep fisika siswa kelas eksperimen sebesar 25,21 dan standar deviasi 4,03. Sedangkan skor rata-rata hasil belajar pemahaman konsep fisika siswa kelas kontrol sebesar 20,79 dan standar deviasi 3,41. Hasil analisis inferensial yaitu pengujian hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika kelompok siswa menggunakan pembelajaran inkuiri dan kelompok siswa yang diajar secara konvensional.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2009. Guru Profesional. Rineka Cipta. Jakarta.

Anderson,dkk. 2001. A taxonomy for Learning Teaching And Assesing.New York: Longman

Anonim.2011.http://hadisuwono.blogspot.com/2011/01/inkuirimengajar.html.Diakses pada tanggal 17 Februari 2011

Amien, Mohd. 1987, Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Menggunakan Metode Discovery dan Inquiry. Jakarta : Dep P dan K

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful. Bahri. & Aswar, Zain. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Banjarmasin: Rineka Cipta

Hamalik,Oemar.1990.Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar.Bandung:Tarsito

Joyce, Bruce. 2009. Strategi Pembelajaran Inkuiri sosial. http://www.papantulisku.com.html. Diakses 10 januari 2011.

K, Roestiyah. N. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Makmun.2004.Psikologi Pendidikan Perangkat Sistem Pengajaran.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Popham, W. J. & Baker, E.L. 2008. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta

Prasetyo, Zuhdan K, dkk . 2006. Kapita Selekta Pembelajaran Fisika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Bandung.

Sudjana. 1992. Metode Statistik. Bandung.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta; Bandung

Suroso, dkk. 2003. Ensiklopedia Sains dan Kehidupan. Jakarta: CV. Tarity: Samudra.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Anovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka


Article Metrics

Abstract view : 104 times | PDF view : 19 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License