IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI FISIKA SUHU DAN KALOR MENGGUNAKAN CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA NEGERI 8 BULUKUMBA TAHUN AJARAN 2015/2016

Nursyamsi Nursyamsi(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v14i2.10811

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik kelas XI SMA Negeri 8 Bulukumba pada mata pelajaran fisika materi suhu dan kalor. Adapun sampel penelitian adalah peserta didik XI SMA Negeri 8 Bulukumba tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 118 orang. Instrumen penelitian yang digunakan tes pilihan ganda disertai dengan Certainty of Response Index (CRI). Hasil penelitian menggambarkan bahwa dari 118 responden yang mengerjakan item tes sebanyak 16 soal, menunjukkan persentase konsep yang mengalami Tidak paham konsep tertinggi yaitu konsep suhu 63.56%, sedangkan konsep yang mengalami miskonsepsi terbesar yaitu materi peubahan wujud 47.03, tingkat miskonsepsi yang dialami peserta didik pada materi suhu dan kalor sebesar 29.52% yang berada pada kategori sedang.

Full Text:

PDF

References


Azis, Aisyah & Yusuf, A. Momang. 2013. Analisis Miskonsepsi Suhu dan Kalor Calon Guru Fisika. Laporan Penelitian PNBP FMIPA UNM

Ed van den Berg & Wim Grosheide. (1993). Electricity at Home: Remediating alternative conceptions. The Proceedings of the Third International Seminar (p. 3). Ithaca: Misconception Trust.

Hasan, Saleem, Diola Bagayoko, & Ella L Kelley. (1999). Misconception and the Certainty of Response Index (CRI). Physics Education, 34(5), 294-299.

Liliawati, Winny & Taufik Ramalis. (2008). Identifikasi Miskonsepsi Materi IPBA di SMA dengan Menggunakan CRI (Certainty of Response Index) dalam Upaya Perbaikan Urutan Pemberian Materi IPBA pada KTSP. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 3-4.

Mahmudah, Roisatul.2013. Identifikasi miskonsepsi peserta didik pada konsep kosep Suhu dan Kalor dengan Menggunakan Peta Konsep dan Wawancara. UIN

Purba, Janulis P. & Ganti Depari. (2008). Penelusuran Miskonsepsi Mahasiswa tentang Konsep dalam Rangkaian Listrik Menggunakan Certainty of Response Index. -, 1-19.

Setyadi, Eko dan Komalasari, Arif .2012. Miskonsepsi Tentang Suhu dan Kalor pada peserta didik kelas 1 di SMA Muhammadiyah purworejo Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Fisika, pembelajaran dan Aplikasinya. Vol 4 No. 1 & 2 hal 48

Sudijono, Anas. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sumaji, Suwarno, Paul Suparno & B Rahmanto. (2003). Pendidikan Sains yang Humanistik. Yogyakarta: Kanisius.

Yolanda, Rerrysta. 2015. Analisis Pemahaman Konsep Siswasma Negeri Se Kecamatan Ilir Barat I Palembang Pada Materi Suhu Dan Kalor Dengan Instrumen TTCI idan CRI. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan ISBN : 978-602-71715-1-0.

Zahra, Nursarifah. 2015. Identifikasi Miskonsepsi Fisika Pada Siswa Sman Di Kota Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) Vol. 3 No. 3 ISSN 2338 3240


Article Metrics

Abstract view : 1057 times | PDF view : 536 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License