IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI FISIKA SUHU DAN KALOR MENGGUNAKAN CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA NEGERI 8 BULUKUMBA TAHUN AJARAN 2015/2016
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v14i2.10811
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Azis, Aisyah & Yusuf, A. Momang. 2013. Analisis Miskonsepsi Suhu dan Kalor Calon Guru Fisika. Laporan Penelitian PNBP FMIPA UNM
Ed van den Berg & Wim Grosheide. (1993). Electricity at Home: Remediating alternative conceptions. The Proceedings of the Third International Seminar (p. 3). Ithaca: Misconception Trust.
Hasan, Saleem, Diola Bagayoko, & Ella L Kelley. (1999). Misconception and the Certainty of Response Index (CRI). Physics Education, 34(5), 294-299.
Liliawati, Winny & Taufik Ramalis. (2008). Identifikasi Miskonsepsi Materi IPBA di SMA dengan Menggunakan CRI (Certainty of Response Index) dalam Upaya Perbaikan Urutan Pemberian Materi IPBA pada KTSP. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 3-4.
Mahmudah, Roisatul.2013. Identifikasi miskonsepsi peserta didik pada konsep kosep Suhu dan Kalor dengan Menggunakan Peta Konsep dan Wawancara. UIN
Purba, Janulis P. & Ganti Depari. (2008). Penelusuran Miskonsepsi Mahasiswa tentang Konsep dalam Rangkaian Listrik Menggunakan Certainty of Response Index. -, 1-19.
Setyadi, Eko dan Komalasari, Arif .2012. Miskonsepsi Tentang Suhu dan Kalor pada peserta didik kelas 1 di SMA Muhammadiyah purworejo Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Fisika, pembelajaran dan Aplikasinya. Vol 4 No. 1 & 2 hal 48
Sudijono, Anas. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sumaji, Suwarno, Paul Suparno & B Rahmanto. (2003). Pendidikan Sains yang Humanistik. Yogyakarta: Kanisius.
Yolanda, Rerrysta. 2015. Analisis Pemahaman Konsep Siswasma Negeri Se Kecamatan Ilir Barat I Palembang Pada Materi Suhu Dan Kalor Dengan Instrumen TTCI idan CRI. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan ISBN : 978-602-71715-1-0.
Zahra, Nursarifah. 2015. Identifikasi Miskonsepsi Fisika Pada Siswa Sman Di Kota Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) Vol. 3 No. 3 ISSN 2338 3240
Article Metrics
Abstract view : 1057 times | PDF view : 536 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Organized by :
Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License