PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 3 POLEWALI

Muliana Muliana(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v14i2.10807

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar melalui metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional di kelas X MIPA SMA Negeri 3 Polewali Tahun Ajaran 2017/2018, dan (2) menganalisis perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional di kelas X MIPA SMA Negeri 3 Polewali Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen sesungguhnya dengan menggunakan Posttest Only Design With Nonequivalent Groups. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 3 Polewali Tahun Ajaran 2017/2018 dan sampel dipilih secara Purposiive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan skor ideal 28 adalah sebesar 20,44 dan standar deviasinya 2,75 sedangkan skor rata-rata hasil belajar fisika yang diajar dengan pembelajaran konvensional adalah sebesar 17,78 dan standar deviasinya 3,12. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas X MIPA SMA Negeri 3 Polewali pada taraf nyata α = 0,05.

Full Text:

PDF

References


Ariswan, Y. S. (2016). Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan, 255.

Donalt, C. &. (1979). Quasi Eksperimentation : Design and Analysis Issues for Field Settings. Houghton Mifflin Company: Boston.

Hamdayana, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kristanto. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhsdsp Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.22 : 2.

Mukhlis. (2017). Pembelajaran Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Besaran dan Satuan untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Lantanida, 31.

Sudjarat, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjarat, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suparman, A. R. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik SMA Negeri 01 Monokwari(Studi pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan). Jurnal Nasral Pendidikan, Volumen 5: ISSN : 2339-1749; 30.

Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Yulian. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inqiiry) dengan Menggunakan Metode Eksperimen terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso. Jurnal Pancaran, Vol. 4 : 103-172.


Article Metrics

Abstract view : 265 times | PDF view : 78 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License