PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 17 MAKASSAR BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Irwansyah Irwansyah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v14i2.10804

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian R & D yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen kinerja siswa berdasarkan kurikulum 2013 yang valid secara teoritik dan empirik, serta efektif untuk digunakan. Subjek coba dalam penelitian ini berjumlah 18 orang peserta didik kelas XI SMAN 17 Makassar. Prosedur pengembangan mengacu pada model 4-D yang terdiri atas define, design, development, dan dessiminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) validasi pakar menunjukkan bahwa instrumen kinerja dinyatakan valid secara teoritik, 2) analisis setelah ujicoba menunjukkan bahwa sejumlah 12 rubrik kinerja dinyatakan valid secara empirik berdasarkan koefisien korelasinya, 3) hasil persepsi guru terhadap instrumen yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat tinggi, dan 4) instrumen penilaian kinerja siswa yang dikembangkan efektif untuk digunakan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Cet. Ke-13; Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Cet. Ke- 11; Jakarta: PT Renika Cipta.

Borg, Walter R. dan Meredith Damie Gall. 1989. Educational Research. New York: Longman.

Burke, Kay. 2006. From Standards to Rubrics in 6 Steps. California: Corwin Press.

Djaali & Pudji Muljono. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Gasind

Hamid, Soleh. 2011. Standar Mutu Penilaian Dalam Kelas. Cet, I; Yogyakarta: Diva Press.

Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung :Salemba Empat

Haryati, Mimin,. 2007. Model dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kurniasih, & Sani, B. 2014. Strategi – Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nitko, A. J. 2001. Educational Assessment of Students (3rd-ed). Upper Saddle River, NJ: Merrill

Purwanti, Widhy. 2013. Langkah Pengembangan Pembelajaran IPA pada Implementasi Kurikulum 2013 ( Materi Diklat penyusunan worksheets integrated science process skils bagi guru IPA SMP kabupaten Sleman menyongong implementasi kurikulum 2013) [Online]. (Diakses 17 April 2018 dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/ files/pengabdian/purwanti-widhy-hastuti-spd-mpd/worksheet-integrated-sc.pdf)

Purwanto. 2012. Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan. Cet. III; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setyono, P. 2005. Intisari Fisika Untuk SMA. Bandung: Penerbit M2S

Simalango, AN., Muchtar, Z. 2007. Pengaruh pemakaian metode praktikum terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan laju reaksi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 3 (1), 29-34

Subiantoro, A.W. 2007. Pentingnya Praktikum Dalam Pembelajaran IPA. [Online]. (Diakses pada 17 April 2018 dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/ 132309690/pengabdian/PPM_ PENTING NYA+PRAKTIKUM.pdf)

Sudria, I. B. N & Siregar, M. 2009. Pengembangan Rubrik Penilaian Keterampilan Dasar Praktikum Dan Mengajar Kimia Pada Jurusan Pendidikan Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 42 (3). 222 - 233.ISSN 2549-2608. Diakses pada 17 April 2018 dari : DOI: http://dx.doi.org/ 10.23887/jppundiksha.v42i3%20Okt.1761

Sukarno. 1977. Dasar-Dasar Pendidikan Sains. Jakarta: Bhratara.

Suparno. 2007. Filsafat Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Retnawati, Heri. 2016. Validitas Reliabilitas & Karakteristik Butir. Yogyakarta: Parama Publishing

Thiagarajan, Sivasailam, dkk. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Wulan, A.R. 2007. Penggunaan Asesmen Alternatif Pada Pembelajaran Biologi. Bahan Seminar Biologi: FMIPA Biologi UPI. [Online]. (Diakses 17 April 2018 dari http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI /ANA_RATNAWULAN/asesmen_alternatif.pdf)

Zainul, A. & Nasution, N. 2001. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Dirjen Dikti.


Article Metrics

Abstract view : 364 times | PDF view : 80 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License