PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 17 MAKASSAR BERDASARKAN KURIKULUM 2013
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v14i2.10804
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Cet. Ke-13; Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Cet. Ke- 11; Jakarta: PT Renika Cipta.
Borg, Walter R. dan Meredith Damie Gall. 1989. Educational Research. New York: Longman.
Burke, Kay. 2006. From Standards to Rubrics in 6 Steps. California: Corwin Press.
Djaali & Pudji Muljono. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Gasind
Hamid, Soleh. 2011. Standar Mutu Penilaian Dalam Kelas. Cet, I; Yogyakarta: Diva Press.
Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung :Salemba Empat
Haryati, Mimin,. 2007. Model dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kurniasih, & Sani, B. 2014. Strategi – Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Nitko, A. J. 2001. Educational Assessment of Students (3rd-ed). Upper Saddle River, NJ: Merrill
Purwanti, Widhy. 2013. Langkah Pengembangan Pembelajaran IPA pada Implementasi Kurikulum 2013 ( Materi Diklat penyusunan worksheets integrated science process skils bagi guru IPA SMP kabupaten Sleman menyongong implementasi kurikulum 2013) [Online]. (Diakses 17 April 2018 dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/ files/pengabdian/purwanti-widhy-hastuti-spd-mpd/worksheet-integrated-sc.pdf)
Purwanto. 2012. Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan. Cet. III; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Setyono, P. 2005. Intisari Fisika Untuk SMA. Bandung: Penerbit M2S
Simalango, AN., Muchtar, Z. 2007. Pengaruh pemakaian metode praktikum terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan laju reaksi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 3 (1), 29-34
Subiantoro, A.W. 2007. Pentingnya Praktikum Dalam Pembelajaran IPA. [Online]. (Diakses pada 17 April 2018 dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/ 132309690/pengabdian/PPM_ PENTING NYA+PRAKTIKUM.pdf)
Sudria, I. B. N & Siregar, M. 2009. Pengembangan Rubrik Penilaian Keterampilan Dasar Praktikum Dan Mengajar Kimia Pada Jurusan Pendidikan Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 42 (3). 222 - 233.ISSN 2549-2608. Diakses pada 17 April 2018 dari : DOI: http://dx.doi.org/ 10.23887/jppundiksha.v42i3%20Okt.1761
Sukarno. 1977. Dasar-Dasar Pendidikan Sains. Jakarta: Bhratara.
Suparno. 2007. Filsafat Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Retnawati, Heri. 2016. Validitas Reliabilitas & Karakteristik Butir. Yogyakarta: Parama Publishing
Thiagarajan, Sivasailam, dkk. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.
Wulan, A.R. 2007. Penggunaan Asesmen Alternatif Pada Pembelajaran Biologi. Bahan Seminar Biologi: FMIPA Biologi UPI. [Online]. (Diakses 17 April 2018 dari http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI /ANA_RATNAWULAN/asesmen_alternatif.pdf)
Zainul, A. & Nasution, N. 2001. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Dirjen Dikti.
Article Metrics
Abstract view : 361 times | PDF view : 79 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Organized by :
Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License