PENGARUH METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMAN 8 MAKASSAR

Hendriska Parewang(1*), Ahmad Yani(2), Kaharuddin Arafah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v14i2.10802

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep fisika peserta didik setelah diajar mengunakan metode pictorial riddle dan secara konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Makassar pada tahun ajaran 2016/2017, yang melibatkan (metode pictorial riddle dan pembelajaran konvensional) sebagai variabel bebas dan pemahaman konsep fisika sebagai variabel terikat pada materi elatisitas dan gerak getaran. Pada akhir perlakuan eksperimen dilakukan tes. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Rata-rata skor pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan metode pictorial riddle adalah 12,53 pada kategori rendah dan peserta didik yang diajar secara konvensional adalah 11,53 pada kategori rendah. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan metode pictorial riddle dan yang diajar secara konvensional pada taraf nyata α = 0,05.

Full Text:

PDF

References


Anderson, Lorin W & David R. Krathwohl. 2010. Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Aryawan. 2014. Dasar-dasar Motivasi dalam Lingkungan Akademik (Edisi ke-2). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Borg, W & D. Gall, M. 1983. Educational Research An Introduction (4th ed.). London: Longman.

Hamalik, Oemar. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kristianingsih, D.D., Sukiswo, S.E. & Khanafiyah. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Menggunakan Metode Pictorial Riddle Pada Pokok Bahasan Alat-alat optik di SMP. Jurnal Pendidian Fisika Indonesia, Voleme VI, pp. 1014.

Lukma, Hazairin. 2011. Pembelajaran Fisika Dengan Inkuiri Terbimbing Menggunakan Animasi dan Pictorial Riddle Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal digilib UNS.

Marlina, D. Sukmawati & Kartono. 2013. Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Dengan Media Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Volume I No. 1.

Prasetyarini, Ayomi. 2012. Pemanfaatan Alat Peraga IPA Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa SMPN 1 Bulupesantren Kebumen Tahun Pelajajaran 2012/2013. Jurnal Radiasi Volume 2 No.1.

Prastowo, A. 2011. Memahami Metode-Metode Penelitian. Yogyakarta: Ae-Ruzz Media.

Resta, I.L., Ahmad Fauzi & Yulkifli . 2013. Pengaruh Pendekatan Pictorial Riddle Jenis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Gelombang Terintegrasi Bencana Tsunami. Pilar Of Physics Education, Vol.1.April 2013, 17-22.

Sakti, I., Mega, Y.P., & Risdianto. E. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta Volume X No. 1.


Article Metrics

Abstract view : 13 times | PDF view : 0 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:

Jurusan Fisika, Jalan Daeng Tata Raya, Kampus UNM Parangtambung Makassar Kode Pos: 90224 Telp/Fax (0411)840622

Website: http://ojs.unm.ac.id, email: [email protected]