IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 10 MAKASSAR

Gebran Cipta Pahlevi(1*), Abdul Haris(2), M A Martawijaya(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v14i2.10801

Abstract


Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Abdul Haris dan M. Agus Martawijaya). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Wawancara yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan Berpikir Divergen peserta didik dalam memecahkan masalah-masalah fisika. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 10 Makassar pada kelas XI MIA 1 semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian berjumlah 15 orang peserta didik yang bersedia diwanwancarai dengan memberi masalah fisika yakni menghilangkan embun dalam jam tangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar dari peserta didik menjawab beberapa cara dalam menghilangkan embun dalam jam tangan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: PT

Rineka Cipta, 2006)

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: PT

Rineka Cipta, 2010),

Bambang Subali. (2013). Kemampuan Berpikir Pola Divergen dan Berpikir Kreatif dalam Keterampilan proses Sains. Yogyakarta: UNY Press

Khodijah, Nyanyu. 2006. Psikologi Belajar. Palembang : IAIN Raden Fatah Press

Kowiyah. 2012. Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3, no.5

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendeketan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D), (Bandung : Alfabeta, 2009)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung : ALFABETA,2008)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.


Article Metrics

Abstract view : 285 times | PDF view : 102 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License