PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMAN 5 SOPPENG

Nur Arizkah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v14i3.10123

Abstract


engaruh perubahan yang cepat dalam masyarakat bagi pendidikan yakni pendidikan harus mempersiapkan generasi yang memiliki keterampilan-keterampilan tertentu yang dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satunya yakni keterampilan berpikir kritis. Penerapan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran akan membuat peserta didik terbiasa dalam mengidentifikasi, menganalisis, berpikir logis, dan membuat keputusan yang tepat dalam menyelesaikan masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik adalah dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar secara konvensional. Serta untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar secara konvensional di SMAN 5 Soppeng tahun akademik 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen sesungguhnya dengan desain penelitian posttest-only control group design. Sample dalam penelitian ini ditentukan menggunakan Teknik pengambilan acak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang didapatkan kemudian di analisis menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa: skor rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar baik menggunakan pembelajaran masalah dan secara konvensional berada pada kategori sedang; terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diajar pembelajaran berbasis masalah dan secara konvensional pada indikator keterampilan berpikir kritis yakni interpretasi, analisis, dan inferensi.

Full Text:

PDF

References


Anazifa, R. D. (2016). The Effect of Problem- Based Learning on Critical Thinking Skills and Student Achievement. Proceedings of International Conference On Research, Implementation and Education of Mathematics and Science, (hal. 43-48). Yogyakarta.

Arini, W., & Juliadi, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Pokok Bahasan Vektor Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Berkala Fisika Indonesia, 1-11.

Azis, A., Rusli, M. A., & Yusuf, A. M. (2016). Critical Thinking of Student Throught Top Down Approach in Physics Learning. Proceedings of International Conference on Mathematics, Science, Technology, Education, and their Applications (ICMSTEA), (hal. 451-455). Makassar.

Birgili, B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, II(2), 71-80.

Dam, G. T., & Volman, M. (2004). Critical thinking as a citizenship competence: teaching strategies. Journal of Learning and Instruction, XIV(4), 359-379.

Dwi, I., Arif, H., & Sentot, K. (2013). Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, IX(1), 8-17.

Ennis, R. H. (1989). Critical Thinking and Subject Specificity: Clarification and Needed Research. Journal of Educational Researcher, XVIII(3), 4-10.

Facione, P. A. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons, 1-28.

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan UNY, (pp. 597-602). Lampung.

Indira, T., Somakim, & Susanti, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 61-75.

Jayanti, R. D., Romlah, & Saregar, A. (2016). Efektivitas Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) melalui Metode POE terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Seminar Nasional Pendidikan, (hal. 208-214). Bandarlampung.

Masek, A. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability: A Theoretical and Empirical Review. Journal of International Review of Social Sciences and Humanities, II(1), 215-221.

Mundilarto, & Ismoyo, H. (2017). Effect of Problem Based Learning on Improvement Physics Achievement and Critical Thinking of Senior High School Student. Journal of Baltic Science Education, XXVI(5), 761-780.

Oguz-Unver, A., & Arabacioglu, S. (2011). Overviews On Inquiry Based And Problem Based Learning Methods. Educational Science, 303-310.

Sari, I. P., Yushardi, & Subiki. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika SMK Negeri di Kabupaten Jamber. Jurnal Pembelajaran Fisika, 268-273.

Sulardi, Nur, M., & Widodo, W. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) untuk melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, V(1), 802-810.

Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (pp. 223-231). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Widsiantari, N. M., Suarjana, I. M., & Kusmariyatni, N. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal PGSD, 1-11.


Article Metrics

Abstract view : 528 times | PDF view : 154 times

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Organized by :

Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License