TRANSFORMASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MELALUI ALAT MUSIK TRADISIONAL SINRILIK KESO-KESO PADA MASYARAKAT KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

Sudirman . ,(1*), Dimas Ario Sumilih(2),

(1) UNM
(2) UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian bertujuan untuk mengetahui; 1). Untuk mengetahui latar belakang munculnya budaya Sinrilik pada masyarakat kecamatan somba opu kabupaten gowa. 2). Untuk mengetahui nilai-nilai budaya yang terkandung dalam budaya Sinrilik pada kalangan masyarakat kecamatan somba opu kabupaten gowa. 3). Untuk mengetahui tentang pesan-pesan moral apa saja yang terdapat dalam lirik Sinrilik. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif yang dianalisa dan dituliskan secara deskriftif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan metode Observasi, Wawancara, Dokumen dan Dokumentasi dan melibatkan sebanyak 5 (lima) informan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa; 1). Latar belakang munculnya budaya Sinrilik pada masyarakat kecamatan somba opu kabupaten gowa, adalah pada masa pemerintahan raja Gowa yang ke-10 dimana Sinrilik sebagai salah satu penyampaian pesan raja kepada rakyatnya. Pada tahun 1545. 2). Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam budaya Sinrilik di kalangan masyarakat kecamatan somba opu kabupaten gowa. yaitu nilai tolong-menolong, saling menghargai dan tidak sombong, 3). Alat musik tradisional Sinrilik Keso-Keso yang terdapat pesan moral apa saja yang terdapat dalam lirik Sinrilik bosi timurung dan Sinrilik Kappala Tallung Batua mengandung nilai moral Spritual dan Tanggung Jawab.

 

 


Keywords


Kata Kunci: Transformasi. Nilai-Nilai Pendidikan, Sinrilik, Keso-Keso

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Mardimin Yohanes & Mandey, J. C. Transformasi budaya menuju masyarakat Indonesia modern, 8(). Pustaka Utama. (1994)

Websiter Dictionary, & Anthony Antoniades. Jurnal Transformasi sebagai Nilai- nilai Pendidikan, Vol, 8.. (1970-1990)

Thompson, Arcy, D. Jurnal Trasformasi Budaya Melalui Nilai- Nilai Pendidikan, Vol. 1,1. (011)

Olanrewaju , & Savio Priyarsono,Faktor-Faktor Terjadinya Trasformasi Jurnal Ekonomi Kebijakan Pembagunan, Vol , 8 ; 44-55.(2016)

Endraswara, S. (2006). Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan. Pustaka Widyatama.

Muklis, Arry, Abdul, & Lee, W, Woo, W. (019) Alat Musik Tradisional Masysrakat Sulawesi Selatan Jurnal Anropologi Indonesia Volume, 4; 51.

Yudinistira & Monoharto. (000) Jurnal Budaya Masyarakat Suku Bugis Makassar Sulawesi Selatan, Volume 12.2.; 301-302.

Ihsan, A. (2019). Nilai Estetika Kacaping Sebagi konsep Dasar Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Formal Masyarakat Bugis di Kabupaten Sidrap. MUDRA Jurnal Seni Budaya Volume ; 59

Gunawan Samuel. 1981. Antropologi Budaya. Jakarta: Erlangga

Marzali, (2014). Pergeseran Orientasi Nilai Kultural dan Keagamaan di Indonesia. Jurnal Antropologi Indonesia, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Ranjabar Jacobus. 2013. Sistem Sosial Budaya Indonesia. Bandung: PT Alfabet

Sriyono. 2010. “Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Integrasi Mata Pelajaran, Pengembangan dan Budaya Sekolah Jurnal ”. Dosen Program Pendidikan Kewarganegaraan PIPS-FKIP Universitas Terbuka. 1-3.

Muslimin Machmud. 2011. “Komnikasi Kearifan Lokal Etnis Makassar Melalui Media Warisan Sinrilik”. Jurnal Universitas Muhammadiyah Malang.

Kristianto & Imam Kristianto. “Kesenian Reyong Ponorogo dalam Teori Fungsionalisme.” TAMUMATARA: Jurnal Seni Pertunjukan Volume, 1.2 (2019)

Nurfitra Ramadani. & Chamamah Soeratno 2018. “Analisis Nilai Moral Dalam Sinrilik Kappalak Tallumbatua. Jurnal Volime 5 No, Makasssar:Universitas Negeri Makassar.

Abd. Rahman Rahim, 2018 “Nilai-Nilai Sosial dalam Sinrilik Kappala Tallibatua”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Nilai Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Oktaharapan Manuri, 2019 “Sinrilik Sebagai Media Komunikasi dalam Kebudayaan Masyarakat di Kabupaten Gowa”. Skripsi Perogam Studi Pendidikan Sendratastik, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar.

Moleong, L. J. (2007). Metode penelitian kualitatif. Bandung: remaja rosdakarya Koentjaraningrat. 1993. Metode–Metode Penelitian Masyarakat. Cetakan ke-3.

Jakarta : PT Gramedia Pustaka Umum

Sugiono. 016. Metode Penelitian, Bandung; Penerbit Alfabeta Bandung.

Gumilang, G. S. (2016). Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Fokus Konseling, Volume 2(2).

Imam Gunawan, S.Pd., M.Pd. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Moh. Nazir, Ph.D. 1983. Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Sukmadinata Syaodih Nana. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakary.


Article Metrics

Abstract view : 156 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.